Sambut 705 Mahasiswa Baru, ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Parade Nusantara

 












ITS PKU, SOLO — Sebanyak 705 mahasiswa baru Institut Teknologi Sains dan Kesehatan atau ITS PKU Muhammadiyah Solo mengikuti masa pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB). Pembukaan PKKMB itu digelar di Auditorium ITS PKU Muhammadiyah Solo, Senin (2/9/2024) pagi.

Acara PKKMB ITS PKU Muhammadiyah Solo dimeriahkan berbagai pertunjukan seni tari serta Parade Nusantara dengan melibatkan 28 mahasiswa yang mengenakan pakaian adat dari 28 provinsi di Indonesia.

Parade Nusantara itu sebagai simbol bahwa ITS PKU Muhammadiyah Solo menjadi tempat bagi anak-anak dari 28 provinsi dalam menempuh pendidikan tinggi.

Dalam kesempatan itu, Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti, berpesan lima hal kepada para mahasiswa baru dengan harapan dapat menjadi pegangan mereka selama dan setelah berkuliah di ITS PKU Muhammadiyah Solo.

“Sebelumnya, saya mengucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa baru karena mendapat kesempatan belajar di kampus ITS PKU Muhammadiyah Solo] dengan akreditasi baik sekali. Selamat juga telah mendapat kesempatan belajar di kampus dengan 3.000 mahasiswa, terbaik se-Jawa Tengah,” kata Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo dalam sambutannya pada pembukaan PKKMB.

Lima pesan Weni kepada mahasiswa baru ITS PKU Muhammadiyah Solo, pertama harus bersyukur, karena banyak anak-anak sebaya mereka yang ingin berkuliah tapi belum beruntung mendapat kesempatan berkuliah. Rasa syukur itu perlu pula diikuti dengan usaha serius dalam menjalani proses belajar selama di ITS PKU Muhammadiyah Solo.

Kedua, kuasai teknologi. Hal itu, menurut Weni, penting karena para mahasiswa baru begitu lahir sudah ada dan bisa memanfaatkan Internet. Di samping itu, Internet tidak bisa dibendung dan siapa yang sukses nanti adalah orang yang bisa memanfaatkan teknologi.

Kemampuan Berbahasa Asing

Ketiga, kuasai bahasa asing. Bahasa apa pun itu, mahasiswa baru akan didorong untuk terus mengembangkan kemampuan berbahasa asing mereka selama berkuliah di ITS PKU Muhammadiyah Solo.

“Di sini setiap Kamis mengharuskan menggunakan bahasa asing, apa pun bagi siapa pun, termasuk dosen, minimal menggunakan bahasa Inggris saat mengajar pada Kamis,” katanya.

Keempat, luaskan pergaulan bagi mahasiswa baru. Terutama yang positif. Jadi nantinya mahasiswa baru harus aktif berorganisasi dan jangan jadi katak dalam tempurung.

Kelima atau terakhir, jangan lupa minta restu dari orang tua terutama ibu serta selalu memberi kabar baik kepada mereka. “Apa pun yang kalian lakukan berikan kabar baik kepada mereka dan jangan pernah beri kabar buruk bagi mereka,” katanya.

Weni berharap mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan situasi dan keadaan selama berkuliah yang sangat berbeda dibanding semasa SMA. Masa perkuliahan menuntut kemandirian mahasiswa.

“Mulai hari ini kalian harus berubah, dan ingat lima pesan itu, ingat bahwa kalian nanti setelah lulus pasti bisa bersaing dengan yang lain karena tidak ada perbedaan antara PTN maupuan PTS, yang membedakan hanya akreditasi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor III ITS PKU Muhammadiyah Solo, Suyanto, menyampaikan ada beberapa materi yang didapat mahasiswa baru selama PKKMB, yang akan sangat berguna sebagai bekal kuliah di ITS PKU Muhammadiyah Solo.

“Setelah pembukaan ini, mahasiswa baru akan mendapat materi-materi sesuai kurikulum secara nasional karena regulatif kementerian telah menyiapkan itu,” kata Suyanto WR III. 

Bakti Sosial

Materi-materi itu di antaranya tantangan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0, pengenalan lingkungan kampus beserta sarana dan prasarananya. Selain itu, ada materi pengenalan sistem akademik, pendidikan karakter, pendidikan bela negara, serta kesehatan mental.

“Pemateri sebagian dari para dosen ITS PKU Muhammadiyah Solo, sebagian lagi dari para profesional yang fasih dalam materi itu,” jelasnya.

Pada akhir masa PKKMB, para mahasiswa baru akan diajak bakti sosial di lingkungan sekitar kampus. Harapannya para mahasiswa baru mampu bersosialisasi dengan warga sekitar kampus dan banyak belajar dari mereka.

Ketua Panitia PKKMB ITS PKU Muhammadiyah Solo, Agung Setya Wardana, menyampaikan PKKMB 2024 itu mengusung tema “Meningkatkan Budaya Bangsa Indonesia Mensukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Melalui Kreativitas yang Berkarakter, Kepemimpinan, dan Insan Mulia”.

“PKKMB tahun ini diikuti 357 mahasiswa baru dan empat mahasiswa lama,” kata dia dalam laporan kegiatan acara pembukaan PKKMB ITS PKU Muhammadiyah Solo, Senin (2/9/2024) siang.

Sebanyak 357 mahasiswa baru itu terdiri atas 279 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan dan 78 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.

Sementara itu, Kepala Biro PMB ITS PKU Muhammadiyah Solo, Teguh Wahyudi, menyampaikan selain 357 mahasiswa baru, ada sebanyak 348 mahasiswa baru alih jenjang yang mengikuti PKKMB pagi itu.

“Jadi yang 357 itu ialah mahasiswa baru reguler, sementara ada lainnya yang berasal dari mahasiswa baru alih jenjang yang digabungkan menjadi 705 mahasiswa baru,” kata Teguh. (Teguh/humas)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini