Enam Tips Hidup Bahagia Perspektif Alquran



mpksdisolo.com- Enam tips hidup bahagia mengemuka dalam Pengajian Ahad Pagi yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid An Ni'mah Kemlayan, Solo Jl Notodiningratan No 126L, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Minggu (15/9/2024).

Sebagai narasumber Dwi Jatmiko SPdI MPd Gr CPS yang diutus oleh Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus (MTDK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta dalam acara putaran ke-5 safari dakwah.

Dalam kesempatan itu Jatmiko menukil Surat Al-Mu’minun ayat 1-7, orang mukmin yang Bahagia di dunia dan akhirat adalah mereka yang menghiasinya dirinya dalam hidup sehari-hari dengan enam tips sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Khusyuk ketika sedang salat,” kata ustaz yang juga bagian keluarga besar Da’i MUI pusat ini, dengan NID MUI 191222.

Menurut Jatmiko, Hatinya fokus hanya kepada Allah, anggota badanya tenang. Agama harus dijalankan dengan menggembirakan, sehingga nilai-nilai agama akan terbawa di mana pun berada.

“Karena jika agama tidak dijalankan dengan senang dan gembira, pasti akan gampang ditanggalkan karena dianggap sebagai kendala atau masalah. Ada enam tips bahagia menurut Al Quran,” tuturnya.

Adapun 6 tips menghadapi berbagai masalah yaitu dengan khusyuk dengan salat tidak ingat makan waktu salat, menghindarkan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak bermanfaat, membersihkan jiwa dari kekotoran seperti syirik, riya, ghibah, hasad, juga tidak ketinggalan membayar zakat.

“Menjaga kemaluannya dari perbuatan zina dengan cara menghindarkan dari mukadimah dari perzinaan dengan menjaga telinga dan mulut. Menjaga Amanah dan janji baik terkait dengan Allah atau manusia, yaitu semua kewajiban syar’I dan hak-hak yang harus ditunaikan,” bebernya.

Mereka itulah yang berhak atas surga tertinggi yaitu surga Firdaus. “Selalu memelihara salat yaitu melakukan tepat waktu, memperhatikan rukun dan sunnah-sunnahnya,” ungkapnya. 

Untuk menguatkan pernyataannya tersebut, Jatmiko yang juga guru PAI SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo mengajak berdoa bersama. Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. 

“Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan),” harapnya.

Hadir jamaah Masjid An Ni’mah di antaranya Sudalimin berumur 90 tahun, ketua takmir dan sekretaris Joko Sutopo.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini