Kreativitas MEGALOKAS (Melukis Galon Bekas) Menjadi Tempat Sampah Untuk Anak-Anak Di Rw 3 Desa Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon

 

















Oleh : Sari Pitria Ayu

Prodi : PG PAUD


SURAKARTA- Dalam rangka mengurangi sampah plastik dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta memanfaatkan barang bekas pakai menjadi barang yang berguna (daur ulang ) sampah,mahasiswa Sari Pitria Ayu dari FKIP prodi PG PAUD Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang tergabung dalam kelompok 84 Kuliah Krja Nyata ( KKN) melaksanakan kegiatan bersama anak-anak di kelurahan semanggi khususnya di Rw 3 desa Loh Sari Kecamatan Pasar Kliwon, 1 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk membuang sampah pada tempatnya dan manfaat  dari mendaur ulang sampah plastik khususnya dalam hal ini galon bekas menjadi sebuah tempat sampah yang menarik dan berguna untuk masyarakat di desa Loh Sari Rw 3 Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon. Selain itu mengajak anak-anak belajar sambil bermain dengan kreativitas MEGALOKAS ( Melukis Galon Bekas ) menjadi sebuah tempat sampah serta dapat mengurangi penggunaan Gudget pada anak-anak agar mau belajar di pojok literasi ini. Karena banyak anak-anak dari Rw 3  yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain Gudget setelah pulang sekolah sampai larut malam yang di utarakan oleh bapak Yuli selaku ketua Rw 3 di desa Loh Sari.

Dalam Kegiatan ini, mahasiswa KKN Unisri telah memberikan praktek secara langsung kepada anak-anak yang bertempat di pojok literasi dengan cara melukis di galon bekas dengan saling bekerjasam membuat tempat sampah melalui daur ulang galon bekas yang kami nama kreativitas MEGALOKAS. Anak-anak di beri pemahaman manfaat galon bekas yang di daur ulang menjadi benda yang berguna untuk menjaga kebersihan lingkungan.  Anak-anak sangat antusias dalam belajar melalui bermain di pojok literasi dengan cara menuangkan ide imajinasi yang kreatifnya melukis di atas galon. Aank-anak merasa puas dengan hasil coret-coretan yang bermanfaat di galon bekas.

Di harapkan dengan adanya kreativitas MEGALOKAS menjadi sebuah tempat sampah yang berguna,lingkngan di desa loh sari rw 3 kelurahan semanggi semakin bersih,nyaman untuk belajar anak-anak demi masa depan yang gemilang. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih jauh dari sampah yang berserakan atau menumpuk demi kenyamanan dan kesehatan masyarakat di kelurahan Semanggi.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa kelompok 84 KKN Unisri untuk menciptakan lingkungan bersih bebas dari penyakit akibat membuang sampah tidak pada tempatnya. Dan selalu menyosialisasikan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik yang tidak bisa terurai oleh waktu dan dapat mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang berguna lagi. Semoga kegiatan ini dapat memberikat manfaat yang sebesar-besarnya mulai dari anak-anak samapi orang tua dan dapat berkelanjutan di desa Loh sari Rw 3 Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon.

 

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini