Muhammad Wafiq Iskandar Mahasiswa ITS PKU Jadi Duta Genre Surakarta 2024


Muhammad Wafiq Iskandar Mahasiswa ITS PKU Muhammadiyah Surakarta bersama Naura Ade Putri menjadi pemenang Duta Genre 2024. Grand final dilangsungkan di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Sabtu, 20 Juli 2024. 

Disampaikan oleh Dr. Suyanto, M. Pdi., selalu Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menyampaikan bahwa pada pemilihan Duta Genre 2024 yang selenggarakan oleh Dinas P3AP2KB Pemerintah Kota Surakarta 2 Mahasiswa ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mendapatkan penghargaan atas nama Muhammad Wafiq Iskandar sebagai Juara 1 Duta Genre Putra 2024 dan M Rayhan Baja sebagai Juara Favorit Duta Genre Putra 2024 Kota Surakarta".

"Suatu anugrah dan prestasi yang membanggakan dari Mahasiswa kami yang nantinya membawa nama baik ITS PKU Muhammadiyah dan ikut mempelopori program pemerintah kota Surakarta kedepannya sebagai Duta Genre" Kata Suyanto. 

Dalam sambutan  penilaian Finalis Duta Genre Walikota Surakarta Teguh Prakoso menyampaikan bahwa pemenang Duta Genre 2024 harapannya dapat menjadi media yang tepat untuk melakukan sosialisasi program program milik badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan dinas Sosial serta P3AP2KB, apalagi Duta genre 2024 yang diambil dari kalangan remaja di Kota Surakarta itu tentunya punya cara komunikasi yang serupa dengan para remaja di sekitarnya dan mengajak para generasi muda untuk hidup sehat dan dan menjadi generasi Berencana. 

Selain itu, dunia yang semakin modern juga membuat para orang tua yang berasal dari generasi sebelumnya kesusahan mengikuti perkembangan zaman.

Teguh memastikan bahwa para remaja di Kota Solo akan tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas.

Namun menurutnya, diperlukan pula spiritual yang kuat untuk menjadi remaja yang hebat.

"Kalau tidak dikuatkan dengan spiritual, generasi ke depan cerdas, tapi nanti ya cerdasnya untuk mensiasati, akhirnya korupsi. Pintar nanti mesti keblinger," kata Teguh.

Ia lantas mengungkapkan harapannya terhadap pasangan Naura Ade Putri dan Muhammad Wafiq Iskandar yang bakal menjabat sebagai Duta Genre 2024.

"Harapannya mereka nanti menjadi duta yang harus bertanggung jawab generasi berikutnya," tukasnya.

Dalam gelaran Pemilihan Duta Genre 2024 yang digelar di Balai Kota sejak pukul 18.00 WIB hingga hampir tengah malam itu, mulanya 10 finalis ditampilkan.

Lalu, kesepuluh finalis itu disaring hingga didapatkan pasangan lima besar finalis yang kemudian diuji dengan tahap advokasi.

Dari tahap advokasi itu, para finalis tersaring kembali menjadi 3 besar, hingga akhirnya pasangan Naura Ade Putri dan Muhammad Wafiq Iskandar yang terpilih menjadi Duta Genre 2024. 

Purwanti, SKM, M. Kes., kepala Dinas P3AP2KB kota Surakarta mengatakan bahwa keberadaan Duta Genre untuk mendorong remaja menjadi Agent Of Change dalam mengkampanyekan masalah remaja. Tiga masalah utama  remaja itu adalah, cegah seks bebas, cegah pernikahan usia dini, dan juga cegah napza termasuk HIV AIDS,

"Duta Genre ini tujuannya mendorong generasi remaja untuk bisa menjadi Agent Of Change untuk teman-teman sebayanya dalam mengkampanyekan cegah tiga masalah remaja, " ucap Purwanti.

Selain pada bertugas mencegah tiga masalah remaja, ke depan para Duta Genre ini juga akan membantu tugas Pemerintah Daerah dalam menurunkan kasus stunting yang menjadi masalah besar Nasional. "Kalau dulu Duta Genre hanya terkait dengan program remaja, tetapi ini dikaitkan juga dengan program penurunan stunting," ucapnya menambahkan

(Teguh humas)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini