Akademi Digital Lansia



Pagi itu Sabtu, 13 Juli 2024, di Gedung Dakwah Balai Muhammadiyah ada perhelatan " Akademi Digital Lansia " . Hari itu para lansia Muhammadiyah sibuk belajar. Suara tawa gembira menuntut ilmu riuh rendah, menyenangkan. 

Dra  Novi Saptina, pensiun guru SD Muhammadiyah 1 surakarta mengikuti acara ini. Di salah satu kelompok di dalamnya. Apa yang dipelajari di Akademi Lansia ini bu Novi?

Oh, begini, lansia selain harus berbahagia dan menjaga kesehatannya, juga harus menjaga dirinya dari kejahatan digital. Kejahatan itu  misalnya, penipuan on line, hoax, dan lainnya yg menggunakan media on line. 

Ya, jadi yang mengikuti ini insya Allah sudah mempunyai benteng menghadapinya. Tentunya tetap harus memohon perlindungan dari Allah Yang Maha Melindungi ya?. Itu sudah kewajiban Muslim.

Bila menemui sesuai kejanggalan yang diterima di hape lansia. Yang harus dilakukan aalah: Amati, Baca, Cek, dan Konfirmasi. Yaitu Diamati dulu denganteliti, lalu Baca sampai tuntas  dengan teliti dulu, lalu Cek dengan melihat aslinya atau yang benar dan akhirnya mengkonfirmasi dengan obyeknya.

 Jadi Lansia yang memegang hape harus WaKunCar, yaitu Waspada Kunjungi dan Cari bila menerima sesuai yang dirasa janggal.

Begitulah, keceriaan pembelajaran yang diselenggarakan oleh PDM Muhammadiyah yang bekerjasama dengan Mafindo Masyarakat Anti Fitnah Indoninesia pagi itu. 

Waktu berjalan terus hingga akhirnya siang mereka harus mengakhiri pembelajarannya.

Mereka berpiah karena waktu Allah telah menunjukkan saatnya datang bersujut untuk mengerjakan Shalat Dhuhur dan amaliyah lainnya. Terima kasih Allah untuk segala yang telah Kau berikan pada hambamu. Tidak ada daya upaya, kecuali dari Mu ya Allah. Selamatkan kami dari segala kejahatan di dunia dan Muliakan kami di akhirat yang kekal nanti. Aamiin.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini