Ajak Anak Bercerita, Yuk!

 











Ajak Anak Bercerita, Yuk!

Oleh: Kak Rachmat Agung

Pemerhati Anak


Allah SWT di dalam memberikan tarbiyah dalam firman-Nya yang termaktub dalam Al-Qur'an menggunakan tiga metode.

Sepertiga kandungan Al Qur'an berisi kabar gembira dan peringatan, Sepertiga berisi hukum-hukum, dan sepertiga lagi berisi tentang kisah-kisah.

Kami terilhami oleh hal tersebut, bahwa memberikan pesan melalui kisah atau cerita adalah salah satu metode yang efektif dalam pendidikan.

Lebih-lebih pada anak, pesan dan kesan yang terbenam pada anak usia dini akan masuk pada memori bawah sadar yang melekat lebih kuat, seperti kata pepatah belajar diwaktu kecil seperti memahat diatas batu.

Sehingga keyakinan, kebiasaan dan watak yang  tumbuh dan menguat sejak kecil akan sulit dirubah ketika dewasa, entah itu watak baik maupun yang tidak baik.

Karena nilai-nilai yang didapat pada usia awal seseorang adalah faktor dominan yang mempengaruhi watak seseorang dimasa dewasa. Betapa banyak orang yang susah dinasehati karena sudah kelewat dewasa. Ibarat mengukir, ukiran kita hanya seperti di atas pasir, hilang begitu saja setelah tersiram air.

Sehingga penting untuk kita terlibat dalam membangun memori bawah sadar anak dengan kesan dan pesan positif. Memantik semangat anak dengan memberikan inspirasi terbaik.

Kesan, pesan dan inspirasi yang baik dapat kita sajikan dalam bingkai cerita, memberikan nasehat dan nilai nilai positif dengan kemasan yang menarik.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini