Penulis adalah Sekretaris Dekan FEB UMS

 


Generasi Al Quran

Oleh : Andy Ratmanto, SH

Assalamu alaikum wr wb.

Segala puji kepada Allah Swt, hanya kepada Nya kita bertobat atas dosa-dosa kita dan hanya kepada Allah Swt kita meminta agar dijauhkan dari keburukan-keburukan yang menimpa kita.

Beribu-ribu syukur kepada Allah Swt karena rahmat Nya niat-niat baik kita sekalian terlaksana. Berapa banyak keinginan baik kita yang tidak terlaksana. Berapa banyak impian yang kita ukir dalam benak kita tapi tidak bisa kita capai.

Maka kebaikan yang kita dapatkan saat ini murni karena Allah Swt.

Semoga hadirin yang datang ke sini merupakan suatu petunjuk Allah Swt.

Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal Islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, sayyidinaa Muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi ajmain, amma ba’du.

Tak lupa salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad Saw, keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah.

Pergi ke pasar membeli ikan

Tak lupa juga membeli terasi

Puji syukur kita ucapkan 

Bisa berjumpa di hari ini.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan sedikit tentang generasi Al Quran.

Kaum muslimin waal muslimaat yang in shaa Allah di muliakan oleh Allah Swt.

Generasi Al Quran merujuk kepada generasi umat Islam yang berpegang teguh kepada ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari mereka. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan kelompok orang atau komunitas yang mengimplementasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Al Quran secara nyata dalam semua aspek kehidupan mereka, baik secara individu maupun kolektif.

Konsep ini biasanya menekankan pada : 

1. Pemahaman yang mendalam

2. Pengamalan ajaran

3. Penyebaran nilai-nilai Islam

4. Peningkatan akhlak

5. Konsistensi dan komitmen.


Mempelajari dan memahami makna ayat-ayat Al Quran dengan baik, termasuk tafsir dan konteks historisnya. 

Mengaplikasikan ajaran Al Quran dalam tindakan dan keputusan sehari-hari, mencakup aspek spiritual, moral, social dan hukum.

Berusaha menyebarkan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Al Quran kepada orang lain, baik melalui pendidikan, dakwah atau tindakan nyata dalam masyarakat.

Menjunjung tinggi akhlak yang mulia sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw yang merupakan personifikasi dari ajaran Al Quran.

Menunjukkan komitmen yang kuat terhadap ajaran Al Quran dan konsisten dalam menjalankannya meskipun menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan.

Kaum muslimin wal muslimat yang di muliakan oleh Allah Swt.

Generasi Al Quran diharapkan menjadi teladan yang menunjukkan bagaimana ajaran Al Quran dapat membentuk karakter, memperkuat iman, dan menciptakan masyarakat yang adil dan harmonis. Generasi Al Quran merupakan generasi yang meyakini kebenaran isi Al Quran, membaca, menghafal, serta memahami dengan baik dan benar makna yang terkandung di dalamnya. 

Akhlak Nabi Muhammad Saw adalah Al Quran. 


4 cara menjadi generasi pecinta Al Quran : 

1. Membaca Al Quran

2. Mempelajari Al Quran

3. Menerapkan ajaran Al Quran

4. Memanjatkan doa kepada Allah Swt. 

Kalau kita senantiasa membaca Al Quran dan mengamalkannya serta memeliharanya maka Al Quran itu akan memelihara kita. 

Mempelajari Al Quran tidak boleh sendirian sebab khawatir tersesat dalam pikiran sendiri. Jadi, seseorang perlu mempelajari Al Quran bersama guru agama Islam atau ustadz. 

Agar makin cinta dengan Al Quran seorang muslim perlu menerapkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. 

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga yang saya sampaikan ini dapat menambah iman dan taqwa kita kepada Allah Swt. Semoga kita yang hadir ini benar-benar sangat mencintai Al Quran.

Wassalamu alaikum wr wb

Penulis adalah Sekretaris Dekan FEB UMS, Sekretaris PRM Setabelan, Ketua Majelis Kader PCM Banjarsari, Anggota Majelis Hukum PDM Solo



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini