Anjuran puasa Arafah

 


Judul : Anjuran puasa Arafah

Oleh : Andy Ratmanto, SH / Sekretaris dekan FEB UMS, ketua Majelis kader PCM Banjarsari dan Sekretaris PRM Setabelan

Puasa Arafah adalah puasa sunat yang dilakukan pada hari Arafah, yaitu tanggal 9 Zulhijjah dalam kalender Islam. Hari Arafah adalah hari ketika jemaah haji berkumpul di padang Arafah untuk melakukan salah satu rukun haji.

*Anjuran puasa Arafah:*

1. *Pahala Besar*: Puasa Arafah dianjurkan karena memiliki pahala yang besar. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: "Puasa hari Arafah, saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya." (HR. Muslim).

2. *Mengikuti Sunnah*: Melakukan puasa pada hari ini adalah cara untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

3. *Keutamaan Hari Arafah*: Hari Arafah adalah salah satu hari yang paling utama dalam setahun, di mana banyak keutamaan dan keberkahan yang bisa diperoleh.

Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji, sedangkan bagi yang sedang melaksanakan haji, mereka disunnahkan untuk tidak berpuasa pada hari ini agar memiliki kekuatan fisik untuk melaksanakan wukuf di Arafah dengan maksimal.

Melaksanakan puasa Arafah merupakan salah satu bentuk ibadah yang bisa meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini