Masjid Assiradj Pringgading Solo Sudah di Wakafkan Kepada Persyarikatan Muhammadiyah





 Di tulis oleh Andy Ratmanto, SH

Sekretaris PRM Setabelan dan Ketua Majelis Kader PCM Banjarsari

Di daerah Pringgading Solo itu ada sebuah masjid yang dulunya adalah merupakan bangunan rumah. Sebut saja masjidnya bernama masjid Assiradj. Masjid Assiradj ini adalah merupakan wakaf dari almarhum Bapak H. Suratman Siradj. Alm Bapak H. Suratman Siradj itu adalah merupakan putra dari alm Bapak H. Abdullah Siradj. 

Masjid Assiradj ini berada di tempat yang sangat strategis lokasinya. Masjid Assiradj ini dekat dengan rumah penduduk, dekat dengan pasar legi, dekat dengan toko luwes kestalan, dekat dengan keraton Mangkunegaran, dan juga dekat dengan sekolahan-sekolahan. 

Masjid Assiradj Pringgading ini awalnya diketuai oleh bapak H. Suwarno Sumopradjarto. Bapak H. Suratman Siradj ini sebagai penasehat. 

Masjid Assiradj Pringgading ini merupakan bangunan kuno. Masjid Assiradj Pringgading ini terdiri dari 2 lantai.

Imam shalat wajib di masjid Assiradj Pringgading yaitu :

1. Bapak H. Nurhadi W

2. Bapak H. Abdul Hadi. 

Kegiatannya :

1. Pengajian rutin

2. TPA

3. Pengajian ibu-ibu

4. Pengajian remaja. 

Masjid Assiradj Pringgading ini berdiri pada tahun 1989.

Jamaah yg shalat wajib banyak jumlahnya. 

Pada tahun 2021 masjid Assiradj Pringgading Solo di renovasi oleh Tri Joko Suryanto. Karena takmirnya yang dulu sudah pada meninggal diantaranya adalah :

1. H. Suratman Siradj meninggal pada tahun 2009

2. H. Nurhadi

3. H. Abdul Hadi

4. H. Soewarno Sumopradjarto. 

Sekarang masjid Assiradj Pringgading Solo di  ketuai oleh Tri Joko Suryanto. Sebagai sekretaris nya adalah Andy Ratmanto. Bendahara nya adalah Mudiyarto. 

Masjid Assiradj Pringgading Solo sekarang sudah jadi lebih baik dan lebih nyaman Lagi. 

Setiap harinya ada yang selalu menyediakan minuman teh panas yaitu dari Pak Tumirin. Setiap hari Jumat ada nasi jumat berkah gitu. Jumat berkah di masjid Assiradj Pringgading Solo itu yang mengelola adalah Tri Joko Suryanto selaku ketua takmirnya. Yang menyumbang untuk Jumat berkah sudah ada. Alhamdulillah. 

Saya Andy Ratmanto selaku sekretaris takmir masjid Assiradj Pringgading Solo itu kadang-kadang juga memberikan uang untuk Jumat berkah tersebut. 

Andy Ratmanto ini adalah merupakan putra dari alm bapak H. Suratman Siradj dan cucu dari alm bapak H. Abdullah Siradj yang masih tinggal di deket masjid Assiradj Pringgading Solo. Keluarga yang lain sudah tidak ada yang tinggal di Pringgading Solo.





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini