Ganjaran Pahala Berlipat Ganda

 



Allah Ta’ala Akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang berinfaq atau bersedekah. Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 261.

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Allah Ta’ala  membalas infaq dan sedekah kita sebesar 700 kali lipat serta melipatgandakan lagi bagi siapa yang dikehendaki-Nya. 

Tentu syaratnya adalah ikhlas. Salah satu tanda ikhlas adalah tidak mengungkit-ungkit infaqnya serta tidak menyakiti orang ataupun lembaga yang diberikan infaq.

Sedekah merupakan bukti kebenaran keimanan seseorang. Orang yang mengeluarkan sebagian hartanya untuk diinfaqkan/disedekahkan menunjukkan bukti keimanan terhadap pahala yang Allah Ta’ala janjikan. 

Rasulullah ﷺ bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam muslim:
وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ
Artinya: “dan sedekah adalah bukti” (HR Imam Muslim)

Orang yang rajin bersedekah akan mendapatkan keberkahan dan sedekah tersebut tidak akan mengurangi hartanya. 

Rasulullah ﷺ bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi,
مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ
Artinya:” Sedekah tidak akan mengurangi harta” (HR  Imam Tirmidzi)



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini