Sedekah Di Bulan Ramadhan

Oleh : Andy Ratmanto, SH 
Sekretaris Dekan FEB UMS dan Sekretaris PRM Setabelan

Sedekah di bulan Ramadhan adalah amal kebajikan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama karena bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan penuh berkah dan ampunan. selama bulan Ramadhan sedekah dianggap memiliki nilai yang lebih besar daripada sedekah di bulan-bulan lainnya. Banyak umat Islam yang berusaha untuk memberikan sedekah secara berlimpah-limpah selama bulan Ramadhan sebagai bagian dari ibadah dan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedekah di bulan Ramadhan juga membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang beruntung dan menciptakan ikatan solidaritas dalam komunitas muslim.

Sedekah itu tidak harus dengan harta. Sedekah itu bisa dengan memberikan senyuman kepada orang lain, sedekah itu juga bisa dengan mendoakan orang lain, menyingkirkan duri di tengah jalan juga merupakan sedekah, memberikan takjil itu juga merupakan sedekah. 

Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan :

1. Dapat mencegah perbuatan maksiat

2. Akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda

3. Dapat menghapus dosa

4. Untuk menjadi tabungan di akherat

5. Membuka pintu kebaikan

6. Menenangkan hati karena membantu sesama.

Qs Saba’ : 39

Katakanlah, "Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya." Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.

Sedekah adalah merupakan amalan yang di sukai oleh Alloh Swt dan Rasulullah Saw. 

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk,” (HR Al Baihaqi).

Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan Muslim).

Sedekah adalah untuk bekal kita di akherat kelak. 

Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan sebelahnya.” (HR Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda :

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya,” (HR Tirmidzi).

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi).

“Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya.

Rasulullah SAW bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Qs Al Hadid : 18 

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini