• Pengukuhan

    Pimpinan Daerah Muhammadiyah dalam melaksanakan keputusan Muktamar ke-48 perlu mengangkat Anggota Pimpinan Majelis/Lembaga/Biro untuk menyelenggarakan program, kegiatan, amal usaha, dan membantu bidang-bidang tertentu yang bersifat pelaksanaan kebijakan untuk mencapai tujuannya.

  • Serah Terima Pengurus MPK lama Kepada Pengurus MPK Baru

    Agenda : 1. Serah Terima Pengurus MPK lama Kepada Pengurus MPK Baru 2. Menyusun Progam Kerja.

  • Sesuai lampiran SK PDM No 016/KEP/III.O/D/2023

    tentang pengesahan susunan dan pengangkatan anggota majelis, supervisor Prof Dr H Sofyan Anif MSi, Konsultan H Ahmad Sukidi MPd, Ketua Suyanto MPdI, Wakil Ketua 1 Drs H Sukendar MPd, Wakil Ketua 2 Pramuseto Rahman SPd, Sekretaris Abdul Afif Amrullah SPsi, Wakil Sekretaris Fajar Tri Winarno SSos, Bendahara Joko Kendro Maryanto SE, Wakil Bendahara Muhammad Halim Maimun SE MM.

  • K.H. Ahmad Dahlan

    Mendirikan Muhammadiyah pada tanggal 18 Zulhijjah 1330 H, atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1912. Ahmad Dahlan bernama kecil Muhammad Darwisy lahir pada tahun 1868 di Kampung Kauman Yogyakarta dan meninggal dunia pada tanggal 25 Febuari 1923 dalam usia 55 tahun.

  • Pengembangan Kader

    Muhammadiyah (pada saat berdiri ditulis Moehammadijah) adalah nama gerakan Islam yang lahir di Kauman Yogyakarta tanggal 18 November 1912. Pada saat waktu berdirinya dan mengajukan pengesahan kepada pemerintah Hindia Belanda menggunakan tanggal dan tahun Miladiyah.

MDMC Kota Surakarta berbuka bersama Relawan Muhammadiyah



Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) atau di kenal Lembaga Resiliensi Bencana - Lingkungan Hidup(LRB-LH) PDM Kota Surakarta mengadakan Buka Puasa bersama 85 Relawan Muhammadiyah. Buka puasa dilaksanakan di Balai Muhammadiyah, ahad (31/03/2024) di Balai Muhammadiyah lt 2 dengan diawali sekapur sirih dari Teguh Wahyudi ketua MDMC dan taushiyah oleh H. Sumanto, M. Kes selalu Pimpinan Harian PDM Kota Surakarta. 

Disampaikan oleh Teguh Wahyudi selaku ketua MDMC Kota Surakarta bahwa Buka puasa bersama di hadiri 85 relawan Muhammadiyah dan perwakilan Ortom dan Lembaga antara lain Lazismu, Pemuda Muhammadiyah, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, IMM, IPM, Hizbul Wathan, Tapak Suci. 

"Kami mempunyai semangat One MuhammadiyahbOne Respon (OMOR) dalam penanggulangan bencana, semua elemen di Muhammadiyah mempunyai peran yang sama dalam kesiapsiagaan, pengurangan resiko bencana, tanggap darurat hingga rehab rekon", kata Teguh. 

Teguh menyampaikan " Pengajian dan buka bersama ini sebagai awal untuk kedepannya memberikan porsi kepada semua kader Muhammadiyah dapat berperan aktif dalam penanganan bencana dan kami selaku MDMC akan memfasilitasi dan mengkoordinir teman teman semua dan semua mempunyai potensi besar dalam penanganan bencana baik tingkat kota, wilayah hingga pusat".

Disampaikan pula oleh Sumanto dalam taushiyah nya setiap pergerakan harus didasarkan dengan ilmu hingga dalam penugasan harus di bekali dengan ilmu, baik ilmu sesuai cluster yang diperankan maupun ilmu agama khususnya fiqih bencana. 

"Di bulan Ramadhan kesempatan untuk meningkatkan ketaqwaan dan juga memperbaiki akhlakul karimah para relawan Muhammadiyah".



Share:

MHH KKP PDM Solo pada hari ini Jumat, 29 Maret 2024 mengadakan bukber di hotel Loji jam 17.30.

 


Acara ini di hadiri oleh pengurus dan anggota MHH KKP PDM Solo beserta keluarga dan juga di hadiri oleh supervisor Prof. Dr. Adi Sulistyono, SH, MH dan Drs. HM. Joko Riyanto, SH, MH, MM. Acara ini sudah berjalan bertahun-tahun. 

MHH KKP PDM Solo memiliki 17 advocad aktif dan terbanyak se Jawa Tengah. 

Di awali kultum pada jam 17.15 oleh Drs. HM. Joko Riyanto, SH, MH, MM. 

MHH KKP yang hadir bersama keluarga nya pada sore hari ini sungguh sangat luar biasa. 

Di Muhammadiyah itu entengan tidak itungan. Seger-seger tanpo tindak dokter. 

Man jadda wa jadda. 

Kita perlu istiqomah dengan amanah yang diberikan kepada kita. 

Hidup di dunia ini adalah ujian. 

Yang tau hanya Alloh SWT dan kita. 

Semoga puasa kita diterima oleh Alloh SWT. 

Semoga tadarus kita diterima oleh Alloh SWT. 

Semoga shalat kita diterima oleh Alloh SWT. 

Semoga ibadah kita diterima oleh Alloh SWT. 

Acara malam hari ini di akhiri dengan shalat maghrib berjama'ah dan makan-makan



Share:

Terbentuk Korps Mubaligh Muhammadiyah Boyolali



Pada Sabtu, 30 Maret 2024, di Masjid Tanjung Makmuriyah Ngemplak Tanjungsari Teras, sebuah tonggak sejarah terbentuk dengan pembentukan Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) di Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Boyolali. Acara pengukuhan KMM ini dipimpin oleh Ketua PDM Kabupaten Boyolali, Drs. Ali Muson, MA, MPd, MM, di Tanjungsari Teras.

Dalam acara yang penuh kekhidmatan tersebut, susunan pengurus Korps Mubaligh Muhammadiyah pun diumumkan. Pimpinan KMM dipercayakan kepada Bapak Thohari, SAg, MSi, dengan Wakil Ketua, Mustamik SPd, serta Sekretaris Maryanto SPd.I, dan Bendahara Muh Fatchul Ihsan SPd. Tak hanya itu, 21 anggota lainnya juga turut diumumkan sebagai bagian dari Korps Mubaligh Muhammadiyah.

Acara pengukuhan tersebut tidak hanya menandai langkah awal KMM di PDM Boyolali tetapi juga menjadi tonggak penting dalam memperkuat jaringan keagamaan di wilayah tersebut. Diharapkan, kehadiran Korps Mubaligh Muhammadiyah akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam penyebaran nilai-nilai Islam yang damai dan toleran di masyarakat setempat



Share:

Ramadhan Momentum Rekonsiliasi Pasca Hajatan Pemilu



Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus



Share:

Indahnya Berbagi ITS PKU Muhammadiyah bersama Panti Aisyiyah Kadipiro



SOLO-Institut Teknologi Sains dan atau ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menggelar acara buka puasa bersama dengan Anak Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Kadipiro di Auditorium ITS PKU Muhammadiyah, Kadipiro, Banjarsari Rabu (26/3/2024) sore. Buka puasa bersama diikuti 35 anak Panti dan dihadiri Pimpinan ITS PKU serta seluruh civitas ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. 

Buka puasa diawali pengajian dengan nara sumber Drs. H Rochani, M. Hum., selaku sekretaris PDM Kota Surakarta dengan tema Puasaku Totalitas Ramadhanku Berkualitas, Inovasiku Tiada Batas ini bertujuan untuk berbagi kebahagian dengan anak yatim pada bulan Ramadan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) ITS PKU Muhammadiyah, dr. Suyanto, M. PDi mengatakan acara bukber dan santunan anak yatim ini merupakan agenda rutin dari kampusnya. Tujuannya adalah untuk berbagi kebahagiaan, memupuk rasa kepedulian kepada sesama, dan perwujudan catur dharma perguruan tinggi.

Di sampaikan Suyanto “Ini merupakan acara rutin kami yang tujuannya tentu membagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim. Lebih lanjut acara ini juga untuk memupuk rasa kepedulian kepada sesama bagi civitas akademika dan bentuk nyata catur dharma pendidikan, yakni pemberdayaan masyarakat,”.

Suyanto berharap para civitas akademika setelah acara ini digelar akan tumbuh kesadaran untuk berbagi dan tahun mendatang akan lebih banyak pihak yang akan disasar.

“Bagi anak-anak yang ada di sini, kalian masih muda. Jangan takut bermimpi. Setelah punya mimpi jangan lelah untuk mewujudkannya,” ungkapnya.

Dalam sambutan Rektor ITS PKU Muhammadiyah Weni Hastuti, Ph.D, menambahkan ke depan anak-anak yang di hadapannya bisa sekolah di perguruan tinggi yang Ia pimpin.

“Ini kami sedang proses membangun Fakultas Sosial dan Humaniora. Mari bagi adik-adik yang berminat silahkan ke sini. Nanti akan kami siapkan beasiswa bagi kalian yang berprestasi,” ujar Weni.

Inti acara ini diisi tausiyah oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta, KH. Rochani. Dalam kesempatan tersebut KH. Rochani menerangkan tentang pentingnya kesabaran dalam belajar.

Ia mengilustrasikan kesabaran dalam menuntut ilmu seperti batu karang yang lama-lama bisa terkikis karena terus terkena deburan ombak air laut.

“Coba kalian lihat batu karang di lautan bila itu diibaratkan sebuah proses menuntut ilmu. Batu karang itu sangat keras dan seolah-olah susah untuk dikikis atau bahkan dipecahkan. Namun karena air laut terus mengenainya setiap hari tiada henti dimana dilambangkan sebagai bentuk kesabaran akhirnya batu karang tersebut bisa terkikis atau bahkan ditaklukan juga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia juga berpesan pada anak-anak dari Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Kadipiro untuk memiliki skill dan ketrampilan dalam hidup. Dengan begitu persoalan kemiskinan yang barang kali sedang anak-anak hadapi bisa diakhiri.

Acara sore ini pun berlangsung meriah dan hangat. Para tamu dan anak-anak dari Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Kadipiro tampak bergembira dengan adanya acara ini.

Seperti halnya yang dirasakan Qulbi, 18,  salah satu anak dari Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Kadipiro. Ia mengaku senang datang ke acara ini karena bisa bertemu dengan teman-teman, makan bersama, dan mendapatkan ilmu baru dari rektor dan pengisi tausiyah.

“Saya senang datang ke sini, karena bisa bertemu teman-teman, makan bareng, dan dapat ilmu baru dari Bu rektor dan Pak Rochani. Terutama bagian yang jangan takut untuk bermimpi dan perlu sabar dalam menuntut ilmu” katanya.

Anak perempuan yang bercita-cita sebagai dosen ekonomi ini berharap acara bukber seperti ini terus diadakan dan ITS PKU Muhammadiyah selalu mendapatkan berkah dari Allah.

“Saya ingin jadi dosen dan kuliah ekonomi di kampus ini. Ya semoga acara ini terus diadakan dan kampus ini selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT,” pungkasnya.

Azan Magrib pun berkumandang, peserta yang hadir tampak menikmati sajian menu buka puasa yang disajikan dan dilanjutkan salat Magrib berjemaah. Acara ini pun berakhir pukul 18.45 WIB dan ditutup dengan foto bersama.

ITS PKU Muhammadiyah selama Ramadan punya banyak agenda dengan dinamakan Semarak ramadhan dengan berbagai kegiatan menarik mulai dari Tarhib Ramadan, Semarak Ramadan di CFD, Kajian Zuhur setiap hari, Tausiyah Daring, Short Vidio Kata-kata Mutiara setiap hari, Tadarus bersama, Kajian Pekanan tiap Jumat, Peringatan Nuzulul Qur’an, Santunan Anak Yatim dan pembagian sembako ke bina lingkungan warga sekitar kampus.



Share:

MUTIARA HADITS BULAN MARET TAHUN 2024

 


# Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.

(HR. Bukhari)

 

# Rasulullah Saw bersabda : Barangsiapa diantara kalian mampu memberi manfaat terhadap saudaranya, maka lakukanlah.

(HR. Muslim)

 

# Berbahagialah orang yang ilmu dan amalannya, cinta dan bencinya, penerimaan dan penolakannya, bicara dan diamnya, serta perkataan dan perbuatannya, Ikhlas semata karena Allah.

 

# Tiada sesuatu yang lebih menyejukkan pandangan mata seorang mukmin daripada melihat istri dan anak-anaknya taat kepada Allah azza wa jalla.

 

# Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.

(HR. Muslim)

 

# Beruntunglah orang yang ditunjukkan menuju Islam, penghidupannya cukup dan dia qona’ah (merasa cukup dengan apa yang diberikan Allah).

(HR. At Tirmidzi)

 

# Rasulullah Saw pernah di tanya, amalan apakah yang paling afdhol? Beliau pun menjawab, shalat di awal waktunya.

(HR. Abu Daud)

 

# Rasulullah Saw bersabda : Seorang pemurah hati dekat kepada Allah, dekat kepada manusia, dekat kepada surga.

(HR. Shahih Muslim)

 

# Apabila Rasulullah menemui suatu kesulitan maka Beliau segera mengerjakan shalat.

(HR. Abu Dawud)

 

# Kata Rasulullah : Jangan kalian berdoa ke atas diri kalian melainkan dengan kebaikan, sesungguhnya para malaikat mengucapkan amin atas apa yang kalian ucapkan.

(HR. Abu Dawud)

 

# Paling dekat seorang hamba kepada Rabb nya ialah Ketika ia bersujud.

(HR. Muslim)

 

# Orang yang Ikhlas kepada Rabb nya semisal seseorang yang berjalan di atas pasir, tidak terdengar suara langkahnya akan tetapi terlihat bekas jejaknya.

(Ibnu Mas’ud)

 

# Carilah duniamu seolah-olah engkau akan hidup selama-lamanya dan carilah akhiratmu seolah-olah engkau akan mati besok pagi.

 

# Barangsiapa yang keluar untuk mencari ilmu makai a berada di jalan Allah sampai ia Kembali.

(HR. Tirmidzi)

 

# Barangsiapa yang di lapangkan rezekinya dan di panjangkan umurnya, hendaklah ia menghubungkan tali kekerabatan.

(HR. Bukhari)

 

# Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari Tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.

(HR. Bukhari)

 

# Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang memiliki jiwanya Ketika marah.

(HR. Bukhari)

 

# Al Quran adalah obat yang sempurna untuk segala penyakit hati dan badan, dan juga obat untuk penyakit dunia dan akherat.

(Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah)

 

# Sebaik-baik kalian ialah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.

(HR. Bukhari)

 

# Jangan hanya membaca Al Quran pada waktu luang, namun luangkan waktu untuk membacanya.

 

# Pupuslah keputusasaan karena apa yang ada pada diri orang lain.

(HR. Ibnu Majah)

 

# Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan akhirat melainkan hanya seperti salah satu dari kalian mencelupkan tangannya ke dalam lautan, maka silakan dilihat apa yang dibawa oleh jarinya.

(HR. Muslim)

 

# Tidak termasuk golongan kami, orang yang memukul-mukul pipinya dan mencabik-cabik bajunya Ketika tertimpa musibah, serta berseru dengan seruan jahiliyah.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Ketahuilah bahwa kemenangan Bersama kesabaran, kelapangan Bersama kesempitan, dan kesulitan Bersama kemudahan.

(HR. Tirmidzi)

 

# Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, makai a tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.

(HR. Ahmad)

 

# Barangsiapa datang kepada tukang ramal kemudian menanyakan sesuatu dan dia mempercayainya, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh hari.

(HR. Muslim)

 

# Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.

(HR. At Thabrani)

 

# Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Wahai para pemuda, barangsiapa yang telah memiliki kemampuan hendaknya segera menikah, hal itu akan lebih menjaga pandanganmu dan kemaluanmu. Barangsiapa yang belum mampu, hendaknya dia melakukan puasa, sesungguhnya puasa adalah benteng diri.

(Al Hadits)

 

# Barangsiapa yang meminta maaf dengan tulus, maka Allah akan memberinya maaf.

(HR. Ahmad)

 

# Janganlah kamu saling dengki. Janganlah kamu saling membenci. Janganlah kamu saling memutuskan hubungan. Janganlah kamu saling menipu. Janganlah kamu saling iri. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara.
(HR. Muslim)

 

# Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika dia baik, maka baiklah seluruh tubuhnya. Dan jika dia rusak, maka rusaklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.

(HR. Ahmad)

 

# Tidak sempurna iman seseorang dari kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Harta yang paling berkah adalah harta yang disumbangkan dalam keadaan masih cukup.

(HR. Muslim)

 

# Orang yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.

(HR. Tirmidzi)

# Janganlah kalian berlebihan dalam beribadah, karena sesungguhnya agama tidak akan bertahan kecuali dengan keteraturan.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, karena sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Seandainya anak cucu adam mempunyai harta sepuluh lembah, tentu dia masih ingin memiliki yang ketiga. Padahal yang mengisi perut anak cucu adam itu hanyalah tanah.

(HR. Muslim)

 

# Siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala sebanyak yang didapat oleh yang mengerjakannya.

(HR. Muslim)

 

# Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah.
(HR. Muslim)

 

# Sesungguhnya syafaatku diperuntukkan bagi umat Ku yang sama sekali tidak berbuat syirik kepada Allah.

(HR. Ahmad)

 

# Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya itu menghapusnya, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur.

(HR. Tirmidzi)

 

# Demi Allah, apabila Allah memberi hidayah kepameninggalkan hal yang buruk. da seseorang karena ajaranmu, maka itu bagimu lebih baik daripada kekayaan ternak yang merah-merah.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Hijrah adalah meninggalkan hal yang buruk.

(HR. Ahmad)

 

# Semua amal anak adam akan dilipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali atau sesuai yang Allah kehendaki.

(HR. Muslim)

 

# Sebaik-baik manusia ialah orang yang senantiasa mengingat Allah, dan seburuk-buruk manusia adalah orang yang suka mengadu domba, suka memecah belah antara orang-orang yang saling mengasihi, suka berbuat zalim, suka mencerai beraikan manusia, dan selalu menimbulkan kesusahan.

(HR. Ahmad)

 

# Tidak beriman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri.

(HR. Bukhari dan Muslim)

 

# Kalau ingin menjadi orang yang beruntung maka bersabarlah.

 

# Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji.

 

# Dan tidaklah orang yang berilmu seperti orang yang bodoh.

(Imam Asy Syafi’i)

 

# Sesungguhnya doa orang yang berpuasa Ketika berbuka tidaklah tertolak.

 

# Di Surga, ada kenikmatan yang belum pernah mata melihatnya, belum pernah telinga mendengarnya, dan belum pernah pula terbetik dalam kalbu manusia.

 

# Berhati-hatilah kalian terhadap sifat hasad, karena sesungguhnya hasad itu akan memakan kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar.

 

# Kebanyakan kesalahan anak Adam disebabkan oleh lidahnya.

 

# Dan takutlah akan doa orang yang terzalimi, karena tidak ada hijab (penghalang) antara ia dengan Allah.

 

# Jika salah seorang di antara kalian melihat orang yang diberi kelebihan harta dan keindahan (rupa) maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya.

 

# Wanita itu aurat, jika ia keluar dari rumahnya maka setan mengikutinya.

 

# Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling bagus akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya terhadap istri-istrinya.

 

# Sampaikanlah kebenaran walaupun itu pahit.

 

# Obat dari ketidaktahuan adalah dengan bertanya.

 

# Rasulullah Saw bersabda : Infaqkanlah hartamu. Dan janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau menyedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut.

 

# Orang-orang yang mengasihi akan di Rahmati oleh Ar Rahman (Yang Maha Pengasih), kasihilah yang ada di bumi, maka niscaya yang di langit juga akan mengasihi kalian.

 

# Aku telah tinggalkan pada kalian dua perkara. Kalian tidak akan tersesat selama berpegang kepada keduanya, yaitu Kitab Allah dan Sunnah Rasul Nya.

 

# Ikatlah unta itu, kemudian bertawakkallah.

 

# Tidak akan masuk surga orang yang kasar dan menyombongkan diri.

 

# Orang yang paling kuat adalah orang yang mampu menguasai dirinya Ketika ia sedang marah.

 

# Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.

 

# Rasulullah Saw bersabda : Iblis berkata kepada Rabbnya : Demi kemuliaan dan keagungan Mu, aku senantiasa akan menyesatkan anak-anak Adam selama ruh masih ada pada mereka. Maka Allah berfirman : Demi kemuliaan dan keagungan Mu, Aku senantiasa akan mengampuni mereka selama mereka mohon ampun kepada Ku.

 

# Berusahalah untuk mensukseskan (menyelesaikan) segala urusan dengan (melakukannya) secara sembunyi-sembunyi, karena setiap orang yang mendapat nikmat mesti ada orang yang mendengki.

 

# Nabi Saw pernah di tanya, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama? Beliau menjawab : adalah bersedekah pada saat kondisi kamu sehat dan berat untuk mengeluarkannya, serta dalam kondisi kamu khawatir miskin dan mengharapkan kaya.

 

# Barangsiapa menghidupkan sunnahku, maka ia telah mencintaiku. Dan barangsiapa mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surga.

 

# Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.

(HR. Bukhari)

 

# Hamba berkata, harta-hartaku. Bukankah hartanya itu hanyalah tiga : yang ia makan dan akan sirna, yang ia kenakan dan akan using, yang ia beri yang sebenarnya harta yang ia kumpulkan. Harta selain itu akan sirna dan diberi pada orang-orang yang ia tinggalkan.

(HR. Muslim)

 

# Tidaklah seorang hamba menziarahi kubur seorang mukmin lalu ia membaca di sisinya surah Al Qadr sebanyak tujuh kali, melainkan Allah telah mengampuninya dan mengampuni orang yang di dalam kubur.

 

# Imam Ali as berkata, Berbahagialah orang yang ilmu dan amalannya, cinta dan bencinya, penerimaan dan penolakannya, bicara dan diamnya, serta perkataan dan perbuatannya, Ikhlas semata karena Allah.

 

# Ada tiga pekerjaan terberat : sikap dermawan dalam keadaan sempit, menjauhi dosa di kala sendiri, dan berkata benar di hadapan orang yang ditakuti.

(Imam Syafii)

 

# Barangsiapa yang Aku berikan ujian berupa kebutaan pada kedua matanya lalu dia bersabar dan berihtisab maka Aku akan berikan kepadanya pahala berupa surga.

(HR. At Tirmidzi)

 

# Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah Saw bersabda : Diantara tanda kebaikan keislaman seseorang adalah ia meninggalkan perkara yang tak berguna baginya.

(HR. Tirmidzi)

 

# Tiga orang yang doanya tidak tertolak : orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang di zholimi.

(HR. At Tirmidzi)

 

# Rasulullah Saw bersabda : Keindahan itu adalah ucapan-ucapan yang benar dengan kebenaran. Dan kesempurnaan adalah perbuatan-perbuatan yang baik dengan di landasi kejujuran.




Share:

Pesantren Ramadhan dan Harapan Pengembangan Pembinaan Kader Kekinian

 


Pesantren Ramadhan dan Harapan Pengembangan Pembinaan Kader Kekinian



Share:

Pesantren Ramadhan bersama Sekretaris MPKSDI PWM Jawa Tengah Pengembangan SDM Kaderisasi Gen Z dan Sosialisasi SIMPEKA

 


Pesantren Ramadhan bersama Sekretaris MPKSDI PWM Jawa Tengah Muhammad Zuhron Arofi MPdI Pengembangan SDM Kaderisasi Gen Z dan Sosialisasi SIMPEKA




Share:

Ramadhan Bulan Al-Quran

 


Instruksikan Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah (GJDJ) untuk Khatam Terjemah Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Itulah inti kultum Anggota Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta ketika menjadi imam maghrib di Pondok Semangat Karangpandan Karanganyar, Sabtu (23/3/2024).

Jatmiko menyampaikan Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Nabi berpesan, siapa yang ingin berkomunikasi dengan Allah maka bacalah Alquran. 

“Ingin merasakan dialog dengan Allah, maka bacalah Alquran setiap hari baik teks arab maupun terjemahan. Adanya pesantren Ramadhan saya instruksikan GJDJ khatam terjemah dan bacaan arabnya,” tegasnya.

Hal itu berdasarkan hadis Nabi Saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA, lanjutnya. “Surga merindukan 4 golongan yaitu orang yang membaca al-Quran, seorang muslim yang mampu menjaga lisannya untuk tidak menyakiti orang lain, muslim yang memberi makan orang lapar, dan muslim yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan,” jelasnya.

Kemudian Dai Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menjelaskan, surat Al-Alaq 1-5: Wahyu Pertama tentang Pentingnya Literasi. Menarik dikaji, mengapa wahyu (tertulis) pertama yang diterima oleh Rasulullah SAW adalah lima ayat dari surat al-Alaq.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan; (1) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah; (2) Bacalah, dan Tuhanmu Maha Pemurah; (3) Yang mengajar manusia dengan perantaraan pena; (4) mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya.” 

Dalam wahyu pertama ini ada dua kata penting yang berhubungan dengan literasi—dalam makna dasarnya: dunia tulis-menulis. Yaitu iqra (membaca) dan kalam (pena, tulisan).

“Maka pesantren Ramadhan ini kita niatkan seperti dalam hadits. Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang," (HR Tirmidzi),” katanya.

Selain itu, Ia menegaskan adanya Gerakan membaca terjemahan al Quran. Maka,  kandungan dan ajaran al-Qur’an dapat dicerna dan dipahami lebih baik. Sebab, bagi seorang Muslim apalagi kader persyarikatan Muhammadiyah, membaca al-Qur’an dengan baik dan benar adalah sebuah kewajiban. 

“Hal ini karena al-Qur’an menggunakan bahasa Arab yang memiliki kaidah dan cara pengucapan huruf yang berbeda dengan bahasa Indonesia,” urainya. 




Share:

Rajut Kebersamaan Klas III Gelar Acara Buka Bersama dan Pembagian Hasil PTS 2 di Aula Balai Desa Ngaru-aru



Balai desa Ngaru-aru 23 Maret 2024 Sebanyak 187 peserta dari Klas III A, B Dan C menghadiri acara "Rajut Kebersamaan" yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Ngaru-aru. Acara tersebut menampilkan pembagian hasil PTS 2 serta diskusi yang dipandu oleh Pemateri Utama, Ustadz Yulius Hermawan, dengan tema utama "Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak".

Dalam suasana yang penuh kehangatan, peserta yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam diskusi yang dipimpin oleh Ustadz Yulius Hermawan. Pemateri tersebut membahas pentingnya peran orang tua dalam mendidik dan membimbing anak-anak mereka, serta kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi demi tumbuh kembangnya anak-anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter.

Para Wali Kelas nampak Pak Dananng, Bu Wulan dan Bu Shela, mendampingi siswa hingga akhir acara.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperdalam pemahaman akan kewajiban orang tua, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan antarwarga desa. Dengan adanya acara buka bersama, suasana kekeluargaan semakin terasa di tengah-tengah masyarakat.

Para Orang Tua  juga mengapresiasi adanya pembagian hasil PTS 2, yang menjadi bukti nyata dari upaya pemuda-pemuda desa dalam mengembangkan potensi mereka melalui pendidikan. Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat terus diadakan untuk memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran orang tua dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa.

Pujiono Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Sangat Mengapreasi kegiatan Pengajian  Buka bersama semoga jadi meningkatkan silaturahmi dan keimanan semua



Share:

MPKSDI Solo Ajak PCM se Surakarta Jadi Penggerak Roda Kaderisasi dalam Persyarikatan Muhammadiyah

 


MPKSDISOLO.COM - MPKSDI Solo Ajak PCM se Surakarta Jadi Penggerak Roda Kaderisasi dalam Persyarikatan Muhammadiyah

Share:

Semangat Tak Kenal Lelah di Pondok Semangat Pesantren Ramadhan

 


MPKSDISOLO.COM - Semangat Tak Kenal Lelah di Pondok Semangat Pesantren Ramadhan. Ramadhan di Pondok Semangat milik Prof Dr dr Zaenal Arifin Adnan ApPS-KR di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (23-24/3/2024).

Share:

Kegiatan Pesantren Ramadhan MPKSDI Solo di Karanganyar

 


MPKSDISOLO.COM - Kegiatan Pesantren Ramadhan MPKSDI Solo di Karanganyar

Share:

Pesantren Ramadhan MPKSDI Solo Sesuai Kebutuhan Zaman

 


MPKSDISOLO.COM - Pesantren Ramadhan MPKSDI Solo Sesuai Kebutuhan Zaman

Share:

Survei Pilwakot Batam: Elektabilitas Marlin Agustina Tertinggi

 


Jakarta | Perhelatan Pilkada Serentak 2024 telah menggeliat dan ramai diperbincangkan di berbagai pelosok tak terkecuali di Kota Batam. Nama-nama yang digadang-gadang akan maju dalam kontestasi telah bermunculan di ruang publik bahkan ada yang sudah memasang atribut secara berpasangan. Bagaimana peta kekuatan nama-nama yang muncul ke permukaan tersebut? 

Lembaga Survei Konsepindo mengirimkan rilis temuan survei lembaganya kepada media. Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan dari tanggal 5 sampai dengan 11 Maret 2024, nama Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina keluar sebagai kandidat Calon Walikota (Cawalkot) Batam dengan elektabilitas tertinggi. 

"Berdasarkan temuan survei lembaga kami, per Maret 2024, Marlin Agustina adalah kandidat terkuat sebagai Cawalkot Batam 2024 dengan elektabilitas sebesar 38,9 persen. Di bawahnya ada Amsakar Ahmad dengan elektabiltas sebesar  31,1 persen. Sementara nama-nama lainnya masih di bawah 4 persen,” kata Peneliti Konsepindo, Aldo Serena dalam rilisnya yang diterima media ini, Selasa (26/03).

Aldo Serena menjelaskan bukan sesuatu yang mengejutkan jika Marlin Agustina menjadi kandidat terkuat untuk Pilwakot Batam 2024. Marlin diketahui rajin turun ke masyarakat. Ia juga cukup aktif bergerak dalam aktivitas pemberdayaan perempuan dan keluarga. Posisinya sebagai Ketua Penggerak PKK Kota Batam membuatnya dekat dengan para ibu. Saat yang sama, dalam kapasitasnya sebagai istri Haji Muhammad Rudi, Walikota Batam yang sangat populer, Marlin sering turun bersama menyaksikan langsung perencanaan, pelaksanaan dan peresmian pembangunan Kota Batam yang begitu pesat.

“Tak bisa dibantah, posisi Marlin Agustina seperti itu adalah modal kuat dan merupakan keunggulan nyata jika dibanding pesaingnya,” tulisnya.

Pengalaman Marlin Agustina menjadi Wagub Kepri, dan juga perannya dalam mengantarkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Kepri pada Pilpres 2024 menjadi modal bagi Marlin untuk mendongkrak elektabilitasnya. 

Sementara itu figur di bawahnya adalah Amsakar Ahmad, wakil walikota petahana. Figur ini sejujurnya dirugikan dengan adanya perhelatan pileg pilpres kemarin. Konsentrasi publik lebih fokus ke pemilu serentak pilpres pileg sehingga sosialisasi pilkada dikesampingkan saat itu. Dengan demikian Amsakar kesulitan meningkatkan elektabilitasnya. Baru setelah pemilu selesai yang bersangkutan bisa fokus sosialisasi kembali. 

Aldo Serena menilai, jika Marlin Agustina terus konsisten bergerak dan berhasil meyakinkan publik bahwa estafet kepemimpinan di Batam lebih tepat dilanjutkan olehnya, maka probabilitasnya memenangkan Pilwakot cukup tinggi. 

Terkait teknis survei, populasi surveinya adalah seluruh warga di Kota Batam yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Seluruh unit populasi di Kota Batam ini mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Survei dilakukan melalui tatap muka secara langsung terhadap 600 responden. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error +/- 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Lembaga Konsepindo Riset terdaftar di KPU RI sebagai penyelenggara survei dan quick count Pemilu 2024 dan merupakan anggota Persepi, asosiasi lembaga survei terbesar di Indonesia.



Share:

Buka Bersama Klas 1 SD Muh PK Banyudono Meriah



Pada hari ini 22 / 3/2024, Aula Baru SDMPK menjadi saksi kehangatan dan kebersamaan dalam acara "Buka Bersama & Pembagian Hasil PTS" yang dihadiri oleh 210 peserta dari kelas 1A, 1B, 1C, dan 1D. Acara yang diselenggarakan oleh Paguyuban Wali Kelas. Jelas Wakil Wali Kelas panitia yang dipimpin oleh Ustad Enggar Estiwi ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan membagikan hasil penilaian tengah semester kepada para siswa.

Dalam kesempatan tersebut, Ustad Zumaro, S.Pdi, hadir sebagai pemateri dengan tema yang sangat relevan, yaitu "Adab kepada Kedua Orang Tua". Beliau memberikan ceramah yang menginspirasi dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.

Panitia menyampaikan rasa syukur atas kehadiran semua peserta dan menyatakan harapannya agar pesan-pesan yang disampaikan dalam acara ini dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk selalu menghormati dan memperhatikan kedua orang tua mereka.

Kepala Sekolah Pujiono Mengapresiasi Baik Kegiatan hari ini semoga dapat di tradisikan..

Acara berlangsung dengan penuh kehangatan dan keceriaan, di mana setiap peserta turut merasakan kedekatan dan kebersamaan. Semoga acara ini menjadi langkah awal bagi semua peserta untuk lebih mendekatkan diri kepada kedua orang tua dan meningkatkan kualitas hubungan keluarga



Share:

Amalan Utama Di Bulan Ramadhan

 


Amalan Utama Di Bulan Ramadhan

Oleh : Andy Ratmanto, SH 

Sekretaris Dekan FEB UMS dan Sekretaris PRM Setabelan

Beberapa amalan utama yang disunahkan selama bulan Ramadhan adalah :

1.Puasa

2.Shalat tarawih

3.Membaca Al Quran

4.Sedekah

5.I’tikaf

6.Berdoa

7.Menjauhi dosa dan meningkatkan kebaikan.

Menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari itu hukumnya wajib.

Melaksanakan shalat sunnah tarawih setelah shalat Isya’ di bulan Ramadhan.

Marilah memperbanyak membaca, mempelajari, dan merenungkan Al Quran lebih banyak dalam bulan Ramadhan ini.

di bulan Ramadhan ini kita harus memberikan sedekah dan bersedekah lebih banyak, baik dalam bentuk uang, makanan atau bantuan kepada yang membutuhkan.

Pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan kita untuk beri’tikaf khususnya di malam Lailatul Qadar.

di bulan Ramadhan ini kita juga untuk memperbanyak doa dan munajat kepada Allah Swt untuk memohon ampunan, keberkahan, dan keselamatan baik di dunia maupun di akherat.

Di Bulan Ramadhan ini kita di wajibkan untuk meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merugikan diri sendiri serta orang lain, serta meningkatkan amal kebajikan dan ibadah.

Ini adalah beberapa amalan utama yang dianjurkan selama bulan Ramadhan, namun tetaplah diiringi dengan niat yang tulus dan ikhlas serta dilakukan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

Allah Swt berfirman di dalam Al Quran surat Al Baqarah : 183

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah. karena itu, sangat di sayangkan jika bulan Ramadhan di lewatkan begitu saja tanpa mengerjakan amal sholeh di bulan Ramadhan ini. 

Bulan Ramadhan adalah bulan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt. 

Rasulullah Saw bersabda : Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan dilandasi keimanan kepada Allah dan mengharap pahala dari Allah, akan diampuni dosanya pada masa lampau.

(HR. Bukhari)

Sesungguhnya shalat tarawih itu hukumnya sunnah. Di luar bulan Ramadhan sering disebut dengan shalat tahajud atau shalat malam. 

Setiap amalan sunnah yang di kerjakan pada bulan Ramadhan maka akan di lipatgandakan pahalanya oleh alloh Swt. Jangan sia-siakan untuk beramal sholeh di bulan Ramadhan ini.

Share:

Sedekah Di Bulan Ramadhan

Oleh : Andy Ratmanto, SH 
Sekretaris Dekan FEB UMS dan Sekretaris PRM Setabelan

Sedekah di bulan Ramadhan adalah amal kebajikan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama karena bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan penuh berkah dan ampunan. selama bulan Ramadhan sedekah dianggap memiliki nilai yang lebih besar daripada sedekah di bulan-bulan lainnya. Banyak umat Islam yang berusaha untuk memberikan sedekah secara berlimpah-limpah selama bulan Ramadhan sebagai bagian dari ibadah dan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedekah di bulan Ramadhan juga membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang beruntung dan menciptakan ikatan solidaritas dalam komunitas muslim.

Sedekah itu tidak harus dengan harta. Sedekah itu bisa dengan memberikan senyuman kepada orang lain, sedekah itu juga bisa dengan mendoakan orang lain, menyingkirkan duri di tengah jalan juga merupakan sedekah, memberikan takjil itu juga merupakan sedekah. 

Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan :

1. Dapat mencegah perbuatan maksiat

2. Akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda

3. Dapat menghapus dosa

4. Untuk menjadi tabungan di akherat

5. Membuka pintu kebaikan

6. Menenangkan hati karena membantu sesama.

Qs Saba’ : 39

Katakanlah, "Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya." Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.

Sedekah adalah merupakan amalan yang di sukai oleh Alloh Swt dan Rasulullah Saw. 

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk,” (HR Al Baihaqi).

Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan Muslim).

Sedekah adalah untuk bekal kita di akherat kelak. 

Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan sebelahnya.” (HR Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda :

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya,” (HR Tirmidzi).

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi).

“Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya.

Rasulullah SAW bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Qs Al Hadid : 18 

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

Share:

Jejak Opini Anggota MPKSDI di Jawa Pos Radar Solo

 


Jejak Opini Anggota MPKSDI di Jawa Pos Radar Solo.

❇️“Aku dan orang orang yang memelihara anak tanpa ayah (yatim) di surga seperti ini, beliau menunjukkan telunjuk jari tengah serta beliau merenggangkan antara keduanya”. (HR Muslim).
❇️“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak tanpa ayah di antara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” [HR. Abu Ya’la dan Thabrani, Shahih At Targhib, Al-Albaniy: 2543].

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini