Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri Dengan Iman, Ilmu dan Amal

 


Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri Dengan Iman, Ilmu dan Amal

Oleh: Rachmat Agung Cahyo, S.E. 

Tulisan ini terinspirasi dari materi Bp. H. Jularso dengan teori Quantum Do’anya. Disampaikan saat Coaching SDI KSPPS BMT Alfa Dinar pada Sabtu 18 Februari 2024 di Graha Dinar Karanganyar, Jawa Tengah.

Keadaan kita saat ini adalah takdir Allah SWT melalui wasilah dari berbagai faktor. Salah satu faktornya dari apa yang kita kerjakan, apa yang kita pikirkan dan apa yang kita yakini. Untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri, kita bisa mengoptimalkan tiga hal tersebut, diantaranya adalah Heart, Head dan Hand. 

Heart artinya hati, dalam hal ini, untuk menjadi versi terbaik dari diri kita, mari kita bersihkan hati dari penyakit penyakit hati yang juga berpengaruh untuk kesehatan mental maupun fisik karena sebagian penyakit bersumber dari pikiran. Tak hanya memaafkan orang lain tetapi juga memaafkan diri sendiri.

Kemudian, pekerjaan hati lainnya adalah hati yang beriman. Memiliki keyakinan teguh dan selalu berprasangka positif, karena apa yang kita yakini itulah yang akan terjadi, kemampuan kita hanyalah sebatas keyakinan kita, maka jangan batasi potensi diri. Bukankah Allah sesuai dengan prasangka hambanya? Sehingga agar apa yang hadir pada diri kita adalah hal-hal baik, maka penting untuk selalu berprasangka baik, khusnudzon.

Head artinya kepala, untuk menjadi versi terbaik dari diri kita, kita perlu berpikir positif. Fokus pada obat bukan sekedar pada sakitnya, fokus pada solusi bukan sekedar fokus pada masalahnya. Berfikir cerdas akan meringankan pekerjaan. Berpikir cerdas membuat pekerjaan yang berat mampu diselesaikan dalam waktu lebih singkat dengan energi lebih sedikit. Jika Anda memiliki waktu satu jam untuk memotong kayu, gunakan yang 50 menit untuk berfikir cara atau metode apa yang paling efektif dan 10 menit sisanya dengan mudah dapat menyelesaikannya dengan metode paling efesien.

Hand artinya tangan, kita perlu turun tangan, berbuat untuk mengeksekusi apa yang kita yakini dan apa yang sudah kita pikirkan, yang sudah kita rencanakan. Bekerja tuntas dengan penuh kesungguhan. Jadi, Trilogi yang terdiri dari Heart, Head dan Hand adalah  berprasangka baik, berpikir positif dan beramal baik. Integrasi dari kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja tuntas. Istilah lainnya adalah Iman, Ilmu dan Amal.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini