Ilmu Persiapan Ramadhan

 


MPKSDISOLO.COM - firman Allah tentang perintah puasa Ramadan dalam al-Quran surat al-Baqarah: 183

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

ada spirit cinta di dalam puasa. Spirit cinta dan kasih sayangnya Allah kepada hamba hamba-Nya berupa perintah puasa. ”Seandainya Allah tidak mencintai orang orang yang beriman maka mereka tidak akan diperintahkan puasa satu bulan di bulan Ramadan,” 

Dikatakan, salah satu bukti cinta Allah terhadap orang-orang yang beriman tertera dalam hadits qudsi riwayat Bukhari yang artinya: Barangsiapa yang memusuhi kekasihku (waliyullah), maka aku umumkan perang terhadapnya.

 Gambaran tafsir al-Baqarah: 183 dengan mengungkapkan, Allah mewajibkan puasa satu bulan dalam satu tahun di bulan Ramadan yang panas, meski tahun ini banyak diskonnya, karena cuacanya sering mendung.

Puasa di bulan Ramadhan setidaknya bermakna untuk membakar kehidupan manusia, rohani, dan jasmani. ”Kita dipaksa lapar dipaksa haus, sehingga lemak di tubuh kita terbakar sehingga menjadi sehat. Yang penting puasanya benar,”

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini