Tahun Politik: Sikap dan Langkah Umat Islam Berkemajuan



mpksdisolo.com - Ketua PP Muhammadiyah, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum memberikan tausiyah pada pengajian yang digelar di Balai Muhammadiyah Solo, Jumat (26/1/2024). Pengajian bertema sikap dan langkah umat Islam di tahun politik dihadiri ratusan warga Muhammadiyah.

Dalam tausiyah, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum mengajak kepada jamaah yang hadir untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas. “Langkah kita harus gagah, teratur, bergerak sesuai dengan aturan yang ada untuk mencapai yang diharapkan bersama di tahun politik ini,” ungkapnya.

Ketua PP Muhammadiyah tersebut menjelaskan bahwa di tahun politik, di mana ada pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif tingkat pusat hingga daerah, kita semua jangan golput. “Keadaan bangsa tidak dalam keadaan yang baik dan jauh dari cita-cita,” jelasnya.

Ia menambahkan sudah menjadi tugas kita semua untuk mengambil sikap dan langkah di tahun politik. Undang-undang dan peraturan semakin jauh dari cita-cita berdirinya Republik Indonesia. Kemandirian semakin sayup, ketergantungan kita kepada negara asing.

“Kita berkesempatan memilih presiden yang memiliki jiwa kepemimpinan. Orang baik tidak cukup, tetapi orang yang mampu memimpin,” jelasnya.

Akhir tausiyah, Ketua PP Muhammadiyah tersebut memaparkan kriteria seorang pemimpin. Pertama, pemimpin harus mampu menjadi teladan dan jujur. Pemimpin harus siap menjadi teladan dan contoh. Hal itu sesuai Ki Hajar Dewantoro yang menyampaikan falsafah tentang keteladanan. Kedua, Jujur bagi seorang pemimpin sangat penting. Kejujuran membawa kebaikan dan kebaikan membawa ke surga. Kemudian, ketiga, pemimpin harus cerdas. Keempat pemimpin harus sehat jasmani dan rohani. 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini