Gladi Bersih Hizbul Wathan Kota Solo Gelar Musda ke-4


Undang-Undang Pandu Hizbul Wathan:

Satu, Pandu Hizbul Wathan itu, dapat dipercaya;

Dua, Pandu Hizbul Wathan itu, setia dan teguh hati;

Tiga, Pandu Hizbul Wathan itu, siap menolong dan wajib berjasa;

Empat, Pandu Hizbul Wathan itu, suka perdamaian dan persaudaraan;

Lima, Pandu Hizbul Wathan itu, sopan santun dan perwira;

Enam, Pandu Hizbul Wathan itu, menyanyangi semua makhluk;

Tujuh, Pandu Hizbul Wathan itu, melaksanakan perintah tanpa membantah;

Delapan, Pandu Hizbul Wathan itu, sabar dan pemaaf;

Sembilan, Pandu Hizbul Wathan itu, teliti dan hemat;

Sepuluh, Pandu Hizbul Wathan itu, suci dalam hati, pikiran, perkataan dan perbuatan.

Sumber : Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pasal 9 ayat 2 (Hasil Muktamar ke-3 HW tahun 2016)

Dalam menyelenggarakan sebuah acara, agar acara berjalan lancar dengan baik dan menimalisir kesalahan, kegiatan gladi bersih sangat diperlukan.

Namun, sayangnya masih banyak sebagian orang yang tidak memahami gladi bersih dan manfaatnya dalam kesuksesan sebuah acara.

Pengertian gladi bersih merupakan latihan terakhir sebelum pementasan dilaksanakan. Gladi bersih dimaksudkan sebagai uji coba dalam pementasan.

Adapun tujuan dari kegiatan gladi bersih adalah untuk mengukur sejauh mana kesiapan peserta maupun panitia dalam melakukan kegiatan sesungguhnya.


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gladi bersih adalah pelatihan umum yang terakhir kali sebelum pelaksanaan atau pementasan pada acara sesungguhnya. Latihan ini menyerupai pelaksanaan acara yang sesungguhnya.

Berikut ini sejumlah tujuan, manfaat dan fungsi dari melakukan gladi bersih yang dilansir dari Bahan Ajar Kursus dan Pelatihan: Manajemen Special Event (2013) oleh Kemdikbud:

1. Memantapkan Hasil Latihan
Sebelum gladi bersih, tentunya peserta kegiatan sudah melakukan latihan. Namun latihan selama ini harus dimantapkan untuk memastikan hasil yang baik.

2. Memperbaiki Kekurangan
Latihan yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya diharapkan sudah baik saat dilaksanakan gladi bersih. Kalaupun ada kekurangan, itu hanya bersifat minor, sehingga bisa diperbaiki dengan cepat.

3. Menyatukan Pikiran
Dalam satu acara pastinya melibatkan beberapa komponen, misal dalam pentas musik ada pemain, penata suara, penata cahaya, MC, dan sebagainya.

Gladi bersih akan mempertemukan seluruh komponen sehingga menyatukan pikiran mereka agar koordinasi berjalan baik dan kompak.

4. Memastikan Fasilitas dan Peralatan Berfungsi
Gladi bersih juga dilakukan untuk memastikan seluruh fasilitas dan peralatan yang digunakan berfungsi dengan baik. Misalnya apakah ada mikrofon mati, lampu tidak menyala, dan sebagainya.

5. Memetakan Risiko
Dengan melakukan gladi bersih, kita akan tahu apakah ada celah kekurangan yang mungkin mengganggu selama kegiatan berlangsung. Dengan demikian, kita bisa memetakan risiko dan kendala yang terjadi agar bisa diantisipasi saat pelaksanaan.

6. Agar Rangkaian Acara Lancar
Terakhir, tentunya gladi bersih diharapkan dapat memperlancar kegiatan. Semua rangkaian acara diharapkan bisa mengalir sesuai rundown dan waktu yang sudah ditetapkan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini