Gelar Rapat Bedah Kurikulum Merdeka

 


MPKSDISOLO.COM - Kurikulum sebagai unsur dasar pendidikan bersifat dinamis dan berkembang  seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan masyarakat dan politik pendidikan. Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan  Bahasa Arab (ISMUBA) Muhammadiyah berorientasi pada visi dan tujuan  pendidikan, dengan mengadaptasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  serta politik pendidikan dan hajat masyarakat sesuai zamannya. 

Pengembangan  kurikulum Pendidikan Muhammadiyah memuat nilai-nilai fundamental sesuai dengan visi dan tujuan pendidikan tersebut sebagai ciri khusus dan keunggulannya, dan mengacu pada standar Pendidikan Nasional. Politik pendidikan Nasional yang melahirkan kebijakan “penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran” yang menetapkan pentingnya pengembangan kurikulum, termasuk salah satu landasan pengembangan kurikulum Pendidikan ISMUBA. 

Kebijakan itu dituangkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Keputusan itu menetapkan kebijakan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan dasar dan menengah dapat mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 secara utuh, kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013 yang disederhanakan dan kurikulum merdeka.

Pengembangan kurikulum dalam Pendidikan Muhammadiyah pada level kurikulum resmi (official curriculum) secara umum mengacu pada kurikulum Pendidikan Nasional. Standar tersebut dikembangkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan Pendidikan Muhammadiyah yang memiliki ciri khusus dan keunggulannya dengan mengembangkan pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA). Kurikulum ISMUBA merupakan rumpun keilmuan yang terdiri dari 4 (empat) unsur yang merupakan mata pelajaran, yaitu Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits, Pendidikan Al-Islam, Pendidikan Kemuhammadiyahan dan Pendidikan Bahasa Arab yang dikuatkan dengan praktik ibadah. Pendidikan Al-Islam mencakup unsur Akidah, Akhlak, Fikih, dan Tarikh. Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam kurikulum ISMUBA merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri, karena secara epistemologis, keduanya berkedudukan sebagai sumber pendidikan Al-Islam. 

Unsur kurikulum Pendidikan Kemuhammadiyahan merupakan mata pelajaran khusus dalam Pendidikan Muhammadiyah yang menekankan pada pengembangan kompetensi keorganisasian, kepemimpinan, dan kekaderan untuk membekali peserta didik sebagai calon pemimpin bangsa dan pemimpin persyarikatan Muhammadiyah. Pendidikan Bahasa Arab merupakan bagian dari ciri khusus dan keunggulan Pendidikan Muhammadiyah untuk membekali peserta didik memiliki kompetensi bahasa Arab sebagai bahasa Agama Islam, bahasa internasional, dan bahasa Al-Qur’an dan Al-Hadits. Dalam pendidikan ISMUBA juga terdapat praktik ibadah, yang menekankan pada penguasaan peserta didik mempraktikkan ilmuagama Islam sehingga mereka memiliki kemampuan melaksanakan ajaran Islam dengan benar sesuai Al-Qur’an dan Al-Hadits. 

Pengembangan kurikulum pendidikan ISMUBA sebagai ciri khusus dan keunggulan dalam Pendidikan Muhammadiyah memberikan peluang bagi peserta didik di Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah untuk mempelajari Al-Qur’an dan Al-Hadits, Akidah, Akhlak, Fikih, dan Tarikh, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab, serta praktik ibadah dengan lebih luas dan dalam. Karena itu, lulusan Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah akan memiliki kemampuan Al-Qur’an dan Al-Hadits, Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab serta kemampuan mempraktikannya dengan lebih baik. Pengembangan kurikulum ISMUBA baik pada level konsep maupun implementasinya berprinsip pada paradigma holistik-integratif dengan pola kurikulum merdeka.

Kurikulum ini merupakan seperangkat konsep, rencana dan ketentuan tentang pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah. Efektifitas implementasi kurikulum ini memerlukan komitmen penyelenggara dan pelaksana pendidikan Muhammadiyah serta para guru di Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah.

Klik di bawah ini: 

https://drive.google.com/file/d/1_Ut9ehnVbalVvTbtOGPvsYMg9SGyXU1H/view?usp=sharing



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini