• Pengukuhan

    Pimpinan Daerah Muhammadiyah dalam melaksanakan keputusan Muktamar ke-48 perlu mengangkat Anggota Pimpinan Majelis/Lembaga/Biro untuk menyelenggarakan program, kegiatan, amal usaha, dan membantu bidang-bidang tertentu yang bersifat pelaksanaan kebijakan untuk mencapai tujuannya.

  • Serah Terima Pengurus MPK lama Kepada Pengurus MPK Baru

    Agenda : 1. Serah Terima Pengurus MPK lama Kepada Pengurus MPK Baru 2. Menyusun Progam Kerja.

  • Sesuai lampiran SK PDM No 016/KEP/III.O/D/2023

    tentang pengesahan susunan dan pengangkatan anggota majelis, supervisor Prof Dr H Sofyan Anif MSi, Konsultan H Ahmad Sukidi MPd, Ketua Suyanto MPdI, Wakil Ketua 1 Drs H Sukendar MPd, Wakil Ketua 2 Pramuseto Rahman SPd, Sekretaris Abdul Afif Amrullah SPsi, Wakil Sekretaris Fajar Tri Winarno SSos, Bendahara Joko Kendro Maryanto SE, Wakil Bendahara Muhammad Halim Maimun SE MM.

  • K.H. Ahmad Dahlan

    Mendirikan Muhammadiyah pada tanggal 18 Zulhijjah 1330 H, atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1912. Ahmad Dahlan bernama kecil Muhammad Darwisy lahir pada tahun 1868 di Kampung Kauman Yogyakarta dan meninggal dunia pada tanggal 25 Febuari 1923 dalam usia 55 tahun.

  • Pengembangan Kader

    Muhammadiyah (pada saat berdiri ditulis Moehammadijah) adalah nama gerakan Islam yang lahir di Kauman Yogyakarta tanggal 18 November 1912. Pada saat waktu berdirinya dan mengajukan pengesahan kepada pemerintah Hindia Belanda menggunakan tanggal dan tahun Miladiyah.

PORSIMU 2024 TINGKAT KAB BOYOLALI DIBUKA MAJELIS DIKDASMEN PDM BOYOLALI

 


Pekan Olahraga Sains Al Islam dan Kemuhammadiyahan (Porsimu) 2024 Resmi Dibuka Majelis Dikdasmen PDM Boyolali

Pada tanggal 31 Januari 2024, Porsimu 2024 resmi dibuka di SD Muhammadiyah PK Boyolali oleh Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Boyolali yang diwakili oleh Bapak Budi Sugito. Dalam Sambutanya Pak Budi Sugito di Dampingi Jajaran Majelis Ada Pak Ngatimin, Pak Pardi, Pak Edy Purwanto. Pak Budi Mengapresiasi kegiatan ini dengan Baik moga tumbuh benih benih para juara dari kegiatan ini.Acara ini menampilkan berbagai kompetisi, termasuk OlimpiCAd IPA, OlimpiCAd Matematika, dan OlimpiCad Al Islam Kemuhammadiyahan.

Cabang olahraga seperti Futsal dan Badminton turut menjadi bagian dari keseruan Porsimu 2024, sementara para guru berkompetisi dalam lomba tenis meja dan badminton. Mustamik, selaku Ketua Panitia, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan persiapan untuk OlimpiCAd Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Bandung.

Porsimu 2024 menjadi wadah bagi siswa-siswi dan guru untuk menunjukkan kemampuan mereka di berbagai bidang, baik ilmu pengetahuan maupun olahraga. Semangat kompetisi dan persiapan untuk tingkat nasional memberikan warna tersendiri dalam dunia pendidikan dan prestasi di Kabupaten Boyolali.

Sementara Pujiono Ketua FKKS SD/MIM Kabupaten Boyolali mengaku Bangga dan bahagia kegiatan Porsimu semoga tahun depan tambah solid AUM di Boyolali.

Kordinator Lomba olahraga Ustad Ria Isngadi menyampaikan Hasil Lomba Sementara Alhamdulillah Futsal selesai. 

- Juara 1 MIM PK Kateguhan

- Juara 2 MIM PU Widoro

- Juara 3 bersama MIM Al Akbar Pandeyan dan SDM PK Banyudono

Sedangkan Untuk Buku tangkis Badminton putra: Juara 1 MIM  Al  Akbar, Juara II MIM PK Kenteng, dan juara III MIM kerten, SD MPK  tumang

Sementara Badminton Putri Badminton putri : Juara 1 SD MPK tumang, Juara 2 mim Denggungan, Juara 3 mim pk kenteng dan mim grinting.

Share:

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 Anggi Luckita Sari, S.Kep., Ns., M.Kep. Kepala Bagian Alumni, Ilmiah dan Kesejahteraan/Beasiswa

 























Share:

130 Guru Gugus Kartini Gayamsari Semarang Studi Banding di SD Muhammadiyah PK Banyudono tentang Budaya Sekolah



Boyolali, 27 Januari 2024 - Sebanyak 130 yang teridiri dari 10 Sekolah Negeri dan Swata guru yang tergabung dalam Gugus RA Kartini Gayamsari, Semarang, menggelar kegiatan study banding yang bertujuan mendalami budaya sekolah. Rombongan ini dipimpin oleh Kepala Sekolah Korsatpen, Dra. Heny Titik Lestari, M.Pd, serta Ketua Gugus RA Kartini, Dra. Siti Supriyati Lestari, MM.

Acara berlangsung di Aula Masjid Assyiroj, SD Muhammadiyah PK Banyudono. Kehadiran rombongan guru disambut hangat oleh 5 Wakil Kepala Sekolah SD Muhammadiyah PK Banyudono, menunjukkan antusiasme dalam berbagi pengalaman terkait budaya sekolah.

Rombongan guru terlibat dalam serangkaian kegiatan, termasuk diskusi mendalam tentang metode pengelolaan budaya sekolah yang sukses, serta observasi langsung terhadap implementasinya di SD Muhammadiyah PK Banyudono. Interaksi antara guru-guru dari kedua sekolah diharapkan dapat memperkaya wawasan dan mendukung pengembangan budaya sekolah yang positif di Gugus Kartini Gayamsari.

Dalam kunjungan ini, Dra. Heny Titik Lestari, M.Pd, menyampaikan harapannya bahwa pengalaman ini akan menjadi landasan bagi peningkatan mutu pendidikan di Gugus Kartini Gayamsari. Semoga hasil study banding ini dapat diimplementasikan secara efektif guna memajukan budaya pendidikan di wilayah mereka. adapun sekolah yang berada di Gugus RA Kartini adalah : 

Wa'alaikumussalam wr wb. Njih  ustadz .

1. SDN Gayamsari 01

2. SDN Gayamsari 02

3. SDN Pandeanlamper 01

4. SDN Pandeanlamper 02

5. SDN Pandeanlamper 03

6. SDN Pandeanlamper 04

7. SDN Pandeanlamper 05

8. SDN Sambirejo 01

9. SDN Sambirejo 02

10. SD Muhammadiyah 17

Sementara melalui telpon seluler Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Pujiono Menghaturkan Terima kasih atas Kepercayaan kepada Gugus Gayamsari Semarang atas kepercayaan pada kami. untuk Belajar bersama sama.semoga manfaat.



Share:

Tahun Politik: Sikap dan Langkah Umat Islam Berkemajuan



mpksdisolo.com - Ketua PP Muhammadiyah, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum memberikan tausiyah pada pengajian yang digelar di Balai Muhammadiyah Solo, Jumat (26/1/2024). Pengajian bertema sikap dan langkah umat Islam di tahun politik dihadiri ratusan warga Muhammadiyah.

Dalam tausiyah, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum mengajak kepada jamaah yang hadir untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas. “Langkah kita harus gagah, teratur, bergerak sesuai dengan aturan yang ada untuk mencapai yang diharapkan bersama di tahun politik ini,” ungkapnya.

Ketua PP Muhammadiyah tersebut menjelaskan bahwa di tahun politik, di mana ada pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif tingkat pusat hingga daerah, kita semua jangan golput. “Keadaan bangsa tidak dalam keadaan yang baik dan jauh dari cita-cita,” jelasnya.

Ia menambahkan sudah menjadi tugas kita semua untuk mengambil sikap dan langkah di tahun politik. Undang-undang dan peraturan semakin jauh dari cita-cita berdirinya Republik Indonesia. Kemandirian semakin sayup, ketergantungan kita kepada negara asing.

“Kita berkesempatan memilih presiden yang memiliki jiwa kepemimpinan. Orang baik tidak cukup, tetapi orang yang mampu memimpin,” jelasnya.

Akhir tausiyah, Ketua PP Muhammadiyah tersebut memaparkan kriteria seorang pemimpin. Pertama, pemimpin harus mampu menjadi teladan dan jujur. Pemimpin harus siap menjadi teladan dan contoh. Hal itu sesuai Ki Hajar Dewantoro yang menyampaikan falsafah tentang keteladanan. Kedua, Jujur bagi seorang pemimpin sangat penting. Kejujuran membawa kebaikan dan kebaikan membawa ke surga. Kemudian, ketiga, pemimpin harus cerdas. Keempat pemimpin harus sehat jasmani dan rohani. 



Share:

PW Muhammadiyah DIY Silaturahim ke Korem 072 Pamungkas



Yogyakarta (26/1/2024) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW Muhammadiyah DIY) melakukan kunjungan silaturahim ke Korem 072 Pamungkas di Jl. Reksobayan No.4, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Rombongan PW Muhammadiyah DIY dipimpin langsung Ketua PWM DIY Dr. Muhammadiyah Ikhwan Ahada, didampingi Sekretaris PWM DIY Arif Jamali Muis, Wakil Bendahara Dede Haris Sumarno, Ketua Pimpinan Wilayah Tapak Suci Suli Antono dan wakil pimpinan tapak suci muh baryadi. Rombongan diterima oleh Brigjend TNI Zaenul Bahar, SH. M.Si Komandan Korem 072 Pamungkas didampingi Kolonel Kav Agus Waluyo, S.Sos Kepala Seksi Teritorial Kasrem 072 Pamungkas dan Kabintal Korem 072 Pamungkas Kapten Inf Saryanto.

 Ikhwan Ahada Ketua PW Muhammadiyah DIY menyampaikan silaturahmi ini merupakan rangkaian dari roadshow  sebagai pimpinan wilayah muhammadiyah diy yang baru untuk merajut keberbersamaan dengan seluruh komponen yang ada di DIY termasuk Korem 072 Pamungkas. 

Ikhwan Ahada berterimakasih sudah diterima  lamgsung oleh Danrem 072 Pamungkas Brigjend TNI Zaenul Bahar, SH. M.Si yang juga merupakan Kader Persyarikatan Muhammadiyah sebagai Pendekar Tapak Suci. Dalam suasana yang penuh keakaraban dan santai ini ikhwan ahada juga berharap terbangunnya kolaborasi dan sinergi bersama KOrem 072 Pamungkas untuk mewujudkan DIY yang aman jelang pemilu 2024 dan masyarakat di DIY yang lebih sejahtera melalui implementasi program dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan. 

Sementara Brigjend TNI Zaenul Bahar, SH. M.Si Komandan Korem 072 Pamungkas menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Korem 072 Pamungkas sangat senang bisa berkolaborasi dengan muhammadiyah DIY. Korem memliki beberapa tempat, perlatan, dan perlengkapan serta sumber daya lainya yang dapat mendukung program program baik dari PWM DIY yang bertujuan untuk DIY yang aman dan sejahtera.

Share:

Memilih Pemimpin dan Syarat-syarat Menjadi Pemimpin



Memilih Pemimpin dan Syarat-syarat Menjadi Pemimpin

عن أبو هريرة رضي الله عنه قال، رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:

إِذَا كَانَ ثَلاَثَةٌ فِي سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ

Dari Abu Hurairah, Rasulullah pernah bersabda: “Bila ada tiga orang bepergian, hendaknya mereka mengangkat salah seorang di antara mereka menjadi pemimpinnya.” (HR Abu Dawud)

Pelajaran yang terdapat didalam hadist:

1- Hadis ini memuat pesan bahwa kepemimpinan adalah hal penting dalam sebuah aktivitas bersama. Perjalanan tiga orang bisa dikatakan adalah kegiatan yang dilakukan oleh tim kecil. Artinya, perintah Nabi tersebut tentu lebih relevan lagi bila diterapkan dalam konteks komunitas yang lebih besar, mulai dari tingkat rukun tentangga (RT), rukun warga (RW), desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga negara. Juga ada lingkup-lingkup aktivitas lainnya yang memperlukan kebersamaan.

2- Hadirnya pemimpin membuat kerumunan massa menjadi jamaah yang terorganisasi: ada tujuan, pembagian peran, dan aturan yang ditegakkan bersama.

3- Bisa dibayangkan seandainya sebuah wilayah dengan populasi yang banyak tanpa pemimpin. Tentu kekacauan akan ada di mana-mana karena kehidupan sosial tidak terkontrol, kejahatan tanpa sanksi, dan sumber daya alam tidak terkelola secara tertib. Tak heran jika ada pendapat yang mengatakan bahwa pemimpin yang zalim lebih baik daripada tanpa kepemimpinan. Tentu ini bukan hendak menoleransi karakter pemimpin yang sewenang-wenang melainkan petunjuk betapa pentingnya mengangkat pemimpin dalam Islam.

4- Imam Al-Ghazali mengaitkan pentingnya pemimpin dengan kelestarian agama sebagai berikut:

المُلْكُ وَالدِّيْنُ تَوْأَمَانِ فَالدِّيْنُ أَصْلٌ وَالسُّلْطَانُ حَارِسٌ وَمَا لَا أَصْلَ لَهُ فَمَهْدُوْمٌ وَمَا لَا حَارِسَ لَهُ فَضَائِعٌ

“Kekuasaan dan agama merupakan dua saudara kembar. Agama sebagai landasan dan kekuasaan sebagai pengawalnya. Sesuatu yang tidak memiliki landasan pasti akan tumbang. Sedangkan sesuatu yang tidak memiliki pengawal akan tersia-siakan.” (Abu Hamid al-Ghazali, Ihyâ Ulumiddin, tt, Beirut: Darul Ma’rifah, Juz 1, h. 17)

5- Pertanyaannya, adalah pemimpin seperti apa mesti kita pilih? Sebagaimana yang tersemat dalam diri Rasulullah, kriteria pemimpin setidaknya memiliki empat sifat, yakni shiddiq (jujur), amanah (bertanggung jawab dan dapat terpercaya), tabligh (aspiratif dan dekat dengan rakyat), fathanah (cerdas, visioner).

6- Al-Mawardi rahimahullah dalam kitab al-Ahkâm ash-Shulthaniyah menyebutkan syarat-syarat seorang pemimpin, di antaranya:

- adil dengan ketentuan-ketentuannya.

- ilmu yang bisa mengantar kepada ijtihad dalam menetapkan permasalahan kontemporer dan hukum-hukum.

- sehat jasmani, berupa pendengaran, penglihatan dan lisan, agar ia dapat langsung menangani tugas kepemimpinan.

- normal (tidak cacat), yang tidak menghalanginya untuk bergerak dan bereaksi.

- bijak, yang bisa digunakan untuk mengurus rakyat dan mengatur kepentingan negara.

- keberanian, yang bisa digunakan untuk melindungi wilayah dan memerangi musuh.

Nilai lebih dalam hal kebijakan, kesabaran, keberanian, sehat jasmani dan rohani serta kecerdikan merupakan kriteria yang mutlak harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Tanpa memiliki kriteria itu, seorang pemimpin akan kesulitan dalam mengatur dan mengurus negara dan rakyatnya. Inilah sifat-sifat ideal yang mesti ada dalam diri pemimpin, di mana pun levelnya, apa pun jenis institusinya.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al Quran :

- Berikut ini ayat2 al-Quran  yang  menunjukkan dengan  jelas larangan  memilih pemimpin non Muslim bagi wilayah yang mayoritas penduduknya Muslim. Allah menggunakan pilihan kata pemimpin dengan kata WALI. Padahal ada begitu banyak padanan kata pemimpin dalam bahasa arab selain kata wali. Misalnya kata Aamir, Raa’in, Haakim, Qowwam, Sayyid dsb. Mengapa Allah gunakan pilihan kata pemimpin dalam tersebut dengan kata WALI? Jawabnya adalah karena barangkali secara bahasa, kata Waliy (WALI) ini memiliki akar kata yang sama dengan kata wilaayatan (wilayah/daerah). Karena itu, penggunakan kata waliy dalam berbagai ayat di atas mengindikasikan bahwa definisi pemimpin yang dimaksud ayat-ayat dibawah adalah pemimpin yang bersifat kewilayahan. Dengan kata lain, non Muslim yang dilarang umat Islam memilihnya menjadi pemimpin adalah pemimpin yang menguasai suatu wilayah milik kaum Muslimin.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman 

لاَّ يَتَّخِذِ الْمُؤْمِنُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُوْنِ الْمُؤْمِنِينَ وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ فَلَيْسَ مِنَ اللّهِ فِي شَيْءٍ إِلاَّ أَن تَتَّقُواْ مِنْهُمْ تُقَاةً وَيُحَذِّرُكُمُ اللّهُ نَفْسَهُ وَإِلَى اللّهِ الْمَصِيرُ

“Janganlah  orang-orang  mukmin  mengambil  orang-orang  kafir  menjadi  WALI (waly) pemimpin, teman setia, pelindung) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara  diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya, dan hanya kepada Allah kamu kembali.” (QS:  Ali Imron [3]: 28)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَتَّخِذُواْ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُونِ الْمُؤْمِنِينَ أَتُرِيدُونَ أَن تَجْعَلُواْ لِلّهِ عَلَيْكُمْ سُلْطَاناً مُّبِيناً

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (pemimpin) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah kami ingin mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?” (QS:  An Nisa’ [4]: 144)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَتَّخِذُواْ الَّذِينَ اتَّخَذُواْ دِينَكُمْ هُزُواً وَلَعِباً مِّنَ الَّذِينَ أُوتُواْ الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَالْكُفَّارَ أَوْلِيَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

“Hai   orang-orang  yang  beriman,  janganlah  kamu  mengambil  orang-orang  yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik) sebagai WALI (pemimpinmu).  Dan  bertakwalah kepada Allah  jika  kamu betul-betul orang-orang yang beriman.” (QS:  Al-Ma’aidah [5]: 57)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَتَّخِذُواْ آبَاءكُمْ وَإِخْوَانَكُمْ أَوْلِيَاء إَنِ اسْتَحَبُّواْ الْكُفْرَ عَلَى الإِيمَانِ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

“Hai orang-orang beriman, janganlah kamu jadikan bapak-bapak dan saudara- saudaramu   menjadi   WALI   (pemimpin/pelindung)   jika   mereka   lebih   mengutamakan kekafiran atas keimanan, dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka WALI, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS: At-Taubah [9]: 23)

لَا تَجِدُ قَوْماً يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَوْ كَانُوا آبَاءهُمْ أَوْ أَبْنَاءهُمْ أَوْ إِخْوَانَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ أُوْلَئِكَ كَتَبَ فِي قُلُوبِهِمُ الْإِيمَانَ وَأَيَّدَهُم بِرُوحٍ مِّنْهُ وَيُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ أُوْلَئِكَ حِزْبُ اللَّهِ أَلَا إِنَّ حِزْبَ اللَّهِ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan rasul-Nya, sekali pun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara atau pun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada- nya. dan dimasukan-nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. allah ridha terhadap mereka, dan mereka pun merasa  puas terhadap (limpahan rahmat)-nya. mereka itulah golongan allah. ketahuilah, bahwa  sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.” (QS:  Al Mujaadalah [58] : 22)

بَشِّرِ الْمُنَافِقِينَ بِأَنَّ لَهُمْ عَذَاباً أَلِيماً

الَّذِينَ يَتَّخِذُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُونِ الْمُؤْمِنِينَ أَيَبْتَغُونَ عِندَهُمُ الْعِزَّةَ فَإِنَّ العِزَّةَ لِلّهِ جَمِيعاً

“Kabarkanlah kepada orang-orang MUNAFIQ bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih. (Yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (pemimpin/teman penolong) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu ? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah.” (QS: An-Nisa’ [4]: 138-139)


🕌 Rosululloh Saw Pemimpin yang Memahamkan Suami Cara Mendidik Istri.

Sahih al-Bukhori:3084

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: 

اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ. فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ. فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ. فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ.

👳🏼‍♂️ Dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah saw bersabda: Aku berpesan kepada kalian tentang wanita, karena wanita diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah pangkalnya, jika kamu mencoba untuk meluruskannya maka dia akan patah, namun bila kamu biarkan maka dia akan tetap bengkok. Untuk itu aku berpesan kepada kalian (jagalah) para wanita.


🧕🏼 Pesan:

1. Wanita diciptakan dari apa?

2. Benar, tulang rusuk yang paling bengkok.

3. Tulung rusuknya siapa?

4. Benar, tulang rusuk pasangannya, sebagaimana pelajaran yang terkandung dalam penciptaan manusia pertama, Nabi Adam as. Setelah penciptaan Adam as, Alloh SWT kemudian menciptakan Siti Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam as.

5. Rasulullah berpesan pada kaum laki-laki untuk menjaga para wanita, karena wanita itu ibarat tulang iga yg rapuh jika diperlakukan dengan kasar bisa patah semangatnya.

6. Ada makna pendidikan dalam hadits ini yang ditujukan kepada para suami tentang tata cara mendidik istrinya atau pasangan hidupnya, yaitu tidak dg tergesa-gesa dan tidak menggunakan jalan kekerasan. 

7. Karena jalan kekeasan dapat mematahkan semangat dari sang istri untuk keluar dari kelemahan-kelemahannya atau kebengkokannya. Dan tugas suami adalah menjaga istri/pasangan hidupnya dg kekuatan kesabaran dan ilmu pengetahuan agama. 

8. Kenapa karakter wanita cenderung mengedepankan perasaan dan mudah emosi?. 

9. Benar, hal ini dimungkinkan karena posisi tulang iga yg berdekatan dg hati/pusat perasaan.

10. Wanita yang berbahan awal tulang bengkok kemudian menjadi satu tinjauan atas penyebab kebanyakan penduduk neraka nantinya adalah kaum wanita, hal ini dibuktikan dg potensi kaum wanita yg tahu akan kebengkokannya (lemah dlm agama dan fisik). 

11. Hal ini berbanding lurus dengan kecenderungan mereka untuk memamerkan keindahan tubuhnya yang semakin hari semakin meningkat seksinya dan hal ini menjadi pemicu kemaksiatan. 

12. Ditambah lagi sedikit sekali istri yang berterimakasih kepada suami atas nafkah yg diberikannya. Semoga pembaca tidak termasuk. Aamiin. 

13. Apakah tidak ada kemungkinan yang menandakan kebaikan atas diri wanita meskipun bahan mereka dari iga bengkok kemudian menjadi teladan kebaikan?.  

14. Benar, ternyata banyak kategori dan terbuka lebar kesempatan bagi wanita yg demikian ingin menjadi lurus; 

15. Disebutkan dalam al-Quran; wanita yg sholihat, qonaah, menjaga kemaluan, suka berbuat kebaikan dan berpuasa menjadi figur teladan bagi kaumnya dan berhak menjadi pemimpin bidadari surga. 

16. Cukuplah kiranya rumah tangga yg bahagia itu berawal dari istri sholihah.

17. Semoga Alloh swt memberikan hidayah dan Inayah-Nya kepada kita, keluarga kita, anak keturunan kita dan muslimin semuanya untuk membentuk generasi wanita sholihat berawal dari keluarga kita, Aamiin Yarobbal'aalamiin

Share:

Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024

 


MPKSDISOLO.COM - Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024, Jum'at (26/1/2024).

Dalam rangka pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu di dalam negeri sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan 

Umum menjadi Undang-Undang dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum, maka dipandang perlu untuk menjabarkan tahapan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara, meliputi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan rapat pemungutan suara, pemberian suara di TPS lokasi khusus, pemungutan suara ulang, susulan dan lanjutan, serta pemberian suara dengan sistem noken/ikat dalam bentuk modul pembelajaran. 

Modul pembelajaran ini menguraikan tahapan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara, meliputi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan rapat pemungutan suara, pemberian suara di TPS lokasi khusus, pemungutan suara ulang, susulan dan lanjutan, serta pemberian suara dengan sistem noken/ikat agar peserta juga dapat memahami, dan mampu melakukan pengecekan perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya sesuai dengan jenis, jumlah dan peruntukannya. Dengan demikian diharapkan pelaksanaan pemungutan suara dapat berjalan sesuai dengan prinsip prinsip penyelenggaraan Pemilu. 

Share:

Pagelaran Wayang Kulit Millenial



 SAKSIKAN DAN IKUTI

Pagelaran Wayang Kulit Millenial

Semarak Milad ke-56 Muhammadiyah Jawa Tengah

Dengan bangga, Lembaga Dakwah Komunitas PWM Jawa Tengah mempersembahkan sebuah Pagelaran Wayang Kulit Millenial sebagai wujud dari dakwah kultural Muhammadiyah.

🗣️ Dalang

1. Ki Ketut Budiman

2. ⁠Ki Jati Nugroho

Dengan Pengrawit dari Institute Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Dan akan dihadiri oleh

1. Dr. KH. KRAT. Tafsir, M.Ag. (Ketua PWM Jawa Tengah)

2. ⁠H. Dodok Sartono, S.E., M.M. (Sekretaris PWM Jawa Tengah)

3. ⁠Dr. H. KRAT. AM Juma’i, S.E., M.M. (Ketua LDK PWM Jawa Tengah)

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 Pukul 19.30 WIB di Halaman Kantor PWM Jawa Tengah

Pagelaran Wayang Kulit Millenial ini juga akan ditayangkan melalui channel youtube PWM Jateng

Yuk follow & subcribe official account PWM Jateng untuk update informasi terbaru.

____

X: pwmjateng

Tiktok: jatengmu

IG: pwmjateng - jatengmu

Youtube: PWMJateng Channel

Website: www.pwmjateng.com

Fanspage: PW Muhammadiyah Jateng

©️ Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah

EMBUN PAGI 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 Hidup adalah sebuah perjalanan yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah.

 Ketika kamu mencari dunia, kamu kehilangan akhirat. Ketika kamu mencari akhirat, kamu mendapatkan dunia dan akhirat. Transaksi mana yang lebih bijaksana.

Semangat Pagi

Belajar Hijrah

Share:

Ketua Umum PP Muhammadiyah dan PBNU Beraudiensi dengan Paus Fransiskus di Vatikan

 


MPKSDISOLO.COM - Selamat pagi bapak ibu,marilah kita senantiasa memanjatkan rasa syukur kita kepada Alloh Ta'ala,agar kita senantiasa diberi kesehatan kekuatan,rezeki yang halal melimpah dan barokah,selalu guyub rukun sak lawase aamiin🤲,salam sehat selalu tetap semangat🙏💪
ASSALAMU ALAIKUM WR. WB.
"ijinkan saya ber-DO'A UNTUK  KELUARGA, SAUDARA-SAUDARI  DAN  SAHABATKU SEMUA"_

̥̥̲̣ بِسْــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِــــــــــــيْمِ 
  " Yaa ALLAH,,
• " Sesungguhnya kami 'Memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat,,"
• " Rezky yang Halal,,"
• " Amal yang Diterima.,,"

  "Yaa Allah ...
"Kami Bersyukur kepadaMu, karena telah Menjaga tidur kami,," ,,dan Membangunkan kami kembali di pagi ini.
 " Engkau telah ijinkan kami kembali memulai aktivitas di hari yang indah ini.
  " Kami mohon Pagi ini untuk 'Berbagi dengan orang-orang yang ada di sekeliling kami."
  "Jadikanlah mereka Merasa Nyaman berada didekat kami."
  "Jadikanlah hari ini penuh Keindahan,, Keindahan dengan RahmatMu yang Berlimpah."
  " Berikanlah Hati kami Kedamaian, Ketenangan dan Keikhlasan."
  "Berikanlah kami Kejernihan pikiran,, sehingga dapat dengan bijak dan sabar menyikapi segala UjianMu.,"
  " Yaa Rabbana ...
" Jadikanlah apa yang kami lakukan hari ini sebagai amalan untuk bekal kami menghadapMu kelak.,"
  "Yaa Rabbana ...
" Tegarkanlah Hati dan badan kami untuk tetap berjalan dalam naungan CahayaMu.,"
  " Hilangkan Kelelahan Kejenuhan dalam diri kami sehingga kami dapat memberikan yang terindah bagi Keluarga, Sahabat, dan Saudara/saudari kami semua.  ,"

  " Yaa Allah ...
'Berikanlah, 'KasihMu,, 
'Rahmat Mu, 'PerlindunganMu,, 'CahayaMu untuk,  'Keluarga, dan Saudara-saudari kami  yang Membaca untaian do'a ini.,,"_
  " Berkahilah umurnya ...
'Berilah kesehatan padanya,..
" Angkatlah Penyakitnya.,,
'Murahkanlah Rezkinya."
       
"Semoga apa yang kami kerjakan hari Ini mendapat Ridha dan Berkah dari Allah SWT..."
آمين.. آمين.. آمين يَآرَبْ العالمين
"Selamat beraktivitas"..

Share:

Sekolah Terbaik di Solo Cocok buat PPDB 2024



MPKSDISOLO.COM - Empat strategi mendesain sekolah unggul berkemajuan menjadi bahasan ruang lingkup, program, prestasi, penerimaan peserta didik baru (ppdb) sekolah di siaran pendidikan radio Mentari FM di Gedung dakwah Balai Muhammadiyah Solo, Rabu (24/1/2024).

Menghadirkan narasumber Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Dwi Jatmiko MPd, Pembahasan fokus bagaimana strategi mendesain sekolah unggul berkemajuan. Inovasi dan terobosan menjadi kunci utama sekolah yang berdiri sejak 1935 ini tetap eksis yang saat ini di bawah manajerial kepala sekolah penggerak Hj Sri Sayekti MPd. 

”Terima kasih kepada masyarakat yang telah mengamanahkan putra putrinya di SD Muhammadiyah 1 dan saat ini kuota tahun 2024/2025 telah terpenuhi dan sekarang membuka penitipan tahun 2025/2026,” tutur Jatmiko.

Dia lantas menjelaskan empat strategi, seperti memperbaiki mutu sekolah, mulai dari jam masuk lebih pagi terutama guru karyawan pukul 06.45 WIB dan wajib apel, siswa pukul 07.00 WIB, jaminan bisa mengaji dengan metode al Husna dan langgam nahawand untuk bacaan al Quran, anak bisa wudhu, dan salat dengan benar.

“Empat strategi kalau di sekolah ini mudahnya bisa dilihat pertama adanya kelas tahfiz, kedua kelas sains, ketiga kelas olahraga dan keempat kelas seni,” ujarnya.

Selain itu, ditambah ekstrakurikuler, ada makan siang dari dapur sehat dan jajan makanan yang sehat dari kantin sehat, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) modern, perpustakaan terakreditasi A dari Perpusnas RI, Mushola bersertifikat arah kiblat, radio solo belajar (RSB), pelayanan antar jemput yang prima, selain itu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lebih awal dan sepanjang masa.

“Kepala sekolah selalu melibatkan wali murid untuk bisa membantu membesarkan sekolah. Ada kelas inspirasi dari orang tua, dan sekolah ini sesuai pesan bu Yekti harus mampu memetakan potensi, keahlian, dan senioritas guru. Diajak diskusi, sharing, untuk  ikut membesarkan sekolah bersama-sama,” bebernya.

Sekolah yang berada di Jalan Kartini No 1 ini tidak hanya berprestasi akademik tetapi juga non akademik. Sekolah sudah mengajarkan siswa dan siswinya menjauhi praktik korupsi sejak dini. Implementasi pendidikan antikorupsi (PAK) ada di pembelajaran pengembangan diri, ekstrakurikuler aktualisasi, budaya sekolah dan projek pelajar Pancasila.

”Akhirnya sekolah, terima apresiasi praktik baik dalam implementasi pendidikan antikorupsi (PAK) bertepatan puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta,” ujarnya.

Share:

Kurikulum ISMUBA untuk Sekolah Muhammadiyah

 


MPKSDISOLO.COM - Bedah Draft Kurikulum Al-Islam, Kemuhamamdiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) 2024 yang membahagiakan dan berkemajuan digelar Majelis Pendidikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta diadakan di  Balai Muhammadiyah Solo Jalan Teuku Umar Keprabon, Banjarsari, Rabu (24/1/2024).

Acara dibuka oleh sekretaris Drs H Supraptono MPd, yang mewakili ketua majelis Pendidikan Dr Mohamad Ali Sag MPd dengan moderator Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Dwi Jatmiko. 

Dalam bedah itu, hadir tiga narasumber. Pertama pendidik Ismuba Hadyan Muntashir Windayanto MPd, kedua Dr Isa al Fajri LC MPd dan ketiga ketua kelompok kerja guru (KKG) Nurul Jannah SAg. 

Hadyan Muntashir menyatakan dalam paparan kurikulum merdeka (Kumer) diluncurkan sebagai kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

“Kurikulum Merdeka menghadirkan rasa kebahagiaan bagi peserta didik dan pendidik,” ujarnya.  

Kemudian, Isa al Fajri Kurikulum Pendidikan ISMUBA meliputi kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah.  Kurikulum ISMUBA ini mencakup intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan program pembiasaan yang terintegrasi. 

Kurikulum intrakurikuler berisi mata pelajaran Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Pada sekolah, Pendidikan Al-Islam dalam kegiatan intrakurikuler berupa Pendidikan Al-Islam terintegrasi yang memuat unsur Al-Qur’an dan Hadis, Aqidah, Akhlak, Ibadah, dan Tarikh. Sedangkan pada Madrasah, Pendidikan Al-Islam dalam kegiatan intrakurikuler memuat mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis, Aqidah-Akhlak, Fikih, serta Tarikh

“Kokurikuler pada sekolah berisi penguatan kompetensi baca tulis, tahsin, dan tahfidz Al-Qur’an; pembinaan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM); dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila/Profil Pelajar Berkemajuan (P5/PPB) yang dirancang terpisah dari intrakurikuler. Sedangkan pada madrasah berisi penguatan kompetensi baca tulis, tahsin, dan tahfidz Al-Qur’an; pembinaan IPM; dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila/Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin/Profil Pelajar Berkemajuan (P5/PPRA/PPB) yang dirancang terpisah dari intrakurikuler,” bebernya.

Adapun pemateri ketiga, Nurul Jannah Program pembiasaan bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku peserta didik dalam mencapai profil pelajar berkemajuan. Kegiatannya berupa pembiasaan baik di sekolah/madrasah maupun di luar sekolah/madrasah. 

Program ini terdiri dari pendampingan kegiatan Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di sekolah/madrasah dan pemantauannya di luar sekolah/madrasah. 

“Seperti pembiasaan shalat wajib dan sunnah; kultum; khotbah; berinfak di Kantor Layanan Lazismu Sekolah/Madrasah; mengikuti kajian di Muhammadiyah; dan pembiasaan berbahasa Arab. Program ini didampingi dan dipantau melalui buku program pembiasaan. program ekstrakurikuler dapat dikembangkan sesuai karakteristik minat murid,” terangnya.

Unsur pembantu pimpinan bidang ISMUBA Abdul Hakam Faruq SHI MAg, bedah kurikulum, pendidik mampu mengetahui apa sebenarnya inti dari pokok bahasan di setiap pertemuan.

Dengan mengetahui inti pokok bahasan, selanjutnya kita bisa tentukan bagian mana yang akan dibahas secara mendalam di kelas, bagian mana yang dijadikan penugasan bagi siswa, bagian mana yang harus dipelajari sendiri oleh siswa.  

“Dengan kata lain, bedah kurikulum perlu memperhitungkan proses belajar di kelas, penugasan dan belajar mandiri sebagai sebuah kesatuan. Sekaligus acara ini memberi ruang dan waktu bagi KKG, MGMP perguruan Muhammadiyah Kota Surakarta untuk bernalar kritis,” ujarnya. 


Share:

Sikap dan Langkah Umat Islam di Tahun Politik bersama Drs H A Dahlan Rais MHum

 


MPKSDISOLO.COM - Rasulullah SAW berpesan pada muslim untuk mengangkat seorang pemimpin sekalipun dalam suatu kelompok kecil perjalanan. Signifikansi seorang pemimpin dalam masyarakat membuat muslim perlu memahami sikap yang tepat ketika memilih pemimpin.

Ditambah lagi, seorang pemimpin di suatu wilayah tertentu nantinya akan menjadi seorang ulil amri sebagaimana dijelaskan dalam surat An Nisa ayat 59. Dalam ayat tersebut dijelaskan, muslim berkewajiban untuk menaati aturan yang dibuat oleh ulil amri.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya."


 "Allah Ta’ala berfirman,


كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh dia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan” (QS. Ali ‘Imran: 185).

Dan kita tidak akan bisa lari dari kematian.

Allah Ta’ala berfirman,

ﻗُﻞْ ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺗَﻔِﺮُّﻭﻥَ ﻣِﻨْﻪُ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻣُﻼَﻗِﻴﻜُﻢ

“Katakanlah, ‘Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu’” (QS. Al-Jumu’ah: 8).

Semoga kita termasuk orang yang banyak mengingat kematian dan menyiapkan bekal untuk kehidupan akhirat.




Sesungguhnya Agama itu Mudah


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ :

( إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ ) رواه البخاري (39) ومسلم (2816)


Dari *Abu Ghurairota rodhiallohuanhu,bersabda Rasulullah sallallohu 'alaihi wa salam :

“Sesungguhnya agama itu mudah, dan sekali-kali tidaklah seseorang memperberat agama melainkan akan dikalahkan, dan (dalam beramal) hendaklah pertengahan (yaitu tidak melebihi dan tidak mengurangi), bergembiralah kalian, serta mohonlah pertolongan (didalam ketaatan kepada Allah) dengan amal-amal kalian pada waktu kalian bersemangat dan giat”.

Hr. Bukhori (39) dan Muslim (2816)


Pelajaran yang terdapat di dalam hadits:

1- Islam itu adalah agama yang mudah, atau dinamakan agama itu mudah sebagai ungkapan lebih (mudah) dibanding dengan agama-agama sebelumnya.

2- Karena Alloh Jalla Jalaluhu mengangkat dari umat ini beban (syariat) yang dipikulkan kepada umat-umat sebelumnya. Contoh yang paling jelas tentang hal ini adalah (dalam masalah taubat), taubatnya umat terdahulu adalah dengan membunuh diri mereka sendiri. Sedangkan taubatnya umat ini adalah dengan meninggalkan (perbuatan dosa) dan berazam (berkemauan kuat) untuk tidak mengulangi.

3- Seorang muslim berkewajiban untuk tidak berlebih-lebihan dalam perkara ibadahnya, sehingga (karena berlebih-lebihan) ia akan melampui batas dalam agama, dengan membuat perkara bid’ah yang tidak ada asalnya dalam agama.

4- Dan hendaknya mereka tidak membuat-buat perkara yang tidak ada asalnya dalam agama ini, karena mereka sekali-kali tidak akan mampu (mengamalkannya), (sebagaimana hadits Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wa sallam) ” Maka sekali-kali tidaklah seseorang memperberat agama melainkan akan dikalahkan”.

5- Bersengaja dalam kesederhanaan dalam beramal tidak memberatkan dan tidak meremehkan yang utama yaitu istiqomah.

Tema hadits yang berkaitan dengan Alquran:

1- Alloh menghendaki kemudahan

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (Al-Baqarah: 185)

2- Perintah istiqomah didalam menjalankan perintah

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا ۚ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

[Surat Hud : 112]

Share:

Bedah Kurikulum ISMUBA 2024, Begini Konsep & Implementasinya

 


MPKSDISOLO.COM - Pendidikan ISMUBA diorientasikan untuk mewujudkan visi pendidikan Muhammadiyah hasil Muktamar ke-48. Visi pengembangan pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah adalah terwujudnya transformasi pendidikan dasar dan menengah berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama, holistik, dan integratif, serta menghasilkan lulusan berkemajuan dengan etos pembelajar sepanjang hayat yang mampu menjawab kebutuhan zaman dengan tata kelola pendidikan unggul yang berdaya saing global dan inklusif. 

Pendidikan ISMUBA disiapkan untuk menjawab pelbagai tantangan zaman. Tantangan zaman terkini berhubungan dengan isu-isu, seperti (1) sulitnya membedakan fakta dan fenomena hiperrealitas, sehingga banyak masyarakat mudah terprovokasi dan terhasut; (2) fenomena VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity), yakni sebuah perubahan cepat dan tidak terduga, sehingga ekskalasi perubahan di dunia juga sangat cepat berubah; (3) perkembangan tekonologi digital menyebabkan perubahan peradaban pada masyarakat, serta telah merebut posisi manusia sebagai produsen kebudayaan; (4) segala bidang kehidupan dikuasai menurut logika kapitalisme internet (Internet of Things); (5) semakin tegasnya fenomena abad kreatif, diejawantahkan melalui hadirnya budaya dan industri (ekonomi) kreatif pada masyarakat yang berinovasi, memiliki kreativitas, serta literasi (digital) tinggi.

Pengembangan program pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah meliputi sistem gerakan, organisasi dan kepemimpinan, jaringan, sumber daya dan aksi layanan. Sistem gerakan diarahkan untuk mewujudkan karakter utama pendidikan ISMUBA yang berkemajuan, menerapkan pendidikan holistik dan integratif, menghasilkan lulusan berkemajuan yang kreatif, inovatif, imajinatif, unggul, kompetitif dan mampu menjawab kebutuhan zaman serta melakukan transformasi, berdaya saing global, dan berbasis teknologi informasi. 

Organisasi dan kepemimpinan diarahkan untuk mengimplementasikan tata kelola modern yang transparan dan akuntabel serta mengimplementasikan penyelenggaraan pendidikan yang inklusif. Jaringan berfungsi meningkatkan kolaborasi antar lembaga pendidikan baik internal maupun eksternal. Sumber daya bertujuan mengembangkan inovasi pengembangan sumber daya manusia, meningkatkan kapasitas dan kinerja guru, meningkatkan tata kelola dan mutu pendidikan. Aksi pelayanan mengembangkan transformasi sekolah/madrasah utama serta pembelajaran ISMUBA berbasis teknologi dan informasi yang inovatif dan kreatif.

Pembelajaran ISMUBA berbasis teknologi dan informasi yang inovatif dan kreatif memiliki peran yang strategis dalam mencapai visi Majelis Dikdasmen dan PNF. Fakta menunjukkan bahwa implementasi kurikulum ISMUBA di sekolah/madrasah belum optimal. Sebagai contoh keterbatasan guru, belum tersedianya buku pedoman guru, proses pembelajaran masih berorientasi kognitif, 


serta penilaian yang belum holistik dan integratif. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan kurikulum ISMUBA. 

Penyempurnaan kurikulum ISMUBA diharapkan dapat menghadirkan pendidikan Islam yang lebih holistik, integratif, kreatif, inovatif, imajinatif, unggul, kompetitif dan mampu menjawab kebutuhan zaman. Implementasi kurikulum ISMUBA yang baru diharapkan dapat lebih berorientasi pada peserta didik dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga lebih berdaya saing global.

Rasional penyempurnaan kurikulum ISMUBA adalah sebagai berikut.

1. Ajaran Islam wasathiyah. Muhammadiyah mengembangkan nilai-nilai wasathiyah sebagai karakteristik Islam berkemajuan yang moderat, ramah, dan santun. Ajaran Islam wasathiyah diwujudkan dalam sikap sosial (1) tegas dalam pendirian, luas dalam wawasan, dan luwes dalam sikap; (2) menghargai perbedaan pandangan atau pendapat; (3) menolak pengkafiran terhadap sesama muslim; (4) memajukan dan menggembirakan masyarakat; (5) memahami realitas dan prioritas; (6) menghindari fanatisme berlebihan terhadap kelompok atau paham keagamaan tertentu; dan (7) memudahkan pelaksanaan ajaran agama. 

2. Pembentukan karakter islami. Penyempurnaan kurikulum ini menguatkan pembentukan karakter peserta didik berdasarkan nilai-nilai moral dan etika Islam. Peserta didik diajarkan untuk memiliki kepribadian yang baik, berintegritas, berempati, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan dan keputusan.

3. Pendidikan Kemuhammadiyahan. Pendidikan Kemuhammadiyahan dimaksudkan sebagai upaya peneguhan ideologi dan kaderisasi Muhammadiyah melalui sistem gerakan, organisasi dan kepemimpinan, jaringan, sumber daya, dan aksi layanan. 

4. Bahasa Arab. Pendidikan bahasa Arab mendukung upaya untuk memahami ajaran Islam dengan lebih baik. Melalui kemampuan berbahasa Arab peserta didik dapat lebih memahami Al-Qur'an, Hadis, dan literatur keagamaan lainnya. 




Share:

Sowan ke PW Muhammadiyah DIY, Anies dan Ikhwan Ahada Bahas Sejahterakan Masyarakat



MPKSDISOLO.COM- Yogyakarta (23/1/2024) Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PW Muhammadiyah DIY) Ustadz Ikhwan Ahada didampingi Sekretaris PWM DIY Arif Jamali Muis dan Jajaran Wakil Ketua PWM DIY menerima kunjungan silaturahim Calon Presiden RI Anies Baswedan, di kantor PW Muhammadiyah DIY jalan Gedongkuning Yogyakarta Selasa 23 Januari 2024 pukul 17.30 WIB.

Dia mengajak Muhammadiyah DIY untuk terlibat dalam merumuskan solusi bersama untuk sejahterakan masyarakat, secara khusus yang ada di DIY dan secara umum untuk Indonesia.  Usai pertemuan Anies Baswedan mengatakan bahwa Muhammadiyah telah lama berkarya dan bergerak di bidang sosial, pendidikan dan kesehatan dilandasi niat memberi untuk sejahterakan masyarakat terutama kaum lemah.

"Tadi kita bicarakan bagaimana bisa pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh Muhammadiyah membantu untuk merumuskan solusi untuk kesejahteraan masyarakat di indonesia dan mengurangi ketimpangan dari yang kaya dan yang miskin," ujar Anies. Anies juga menyampaikan pernah menimba ilmu di Sekolah Muhammadiyahyakni di TK ABA Dagen Jogja dan sering bermain di Rumah Pak AR Fahrudin yang sekarang menjadi kantor PP Muhammadiyah di Jalan Cikditiro Jogja



Sementara Ustadz Ikhwan Ahada Ketua PW Muhammadiyah DIY mengatakan Pertemuan berlangsung santai dan saling tukar pandangan. Muhammadiyah ini tenda besar bagi semua anak bangsa dan komitmen muhammadiyah utk terus memajukan bangsa. Muhammadiyah sangat terbuka bagi siapapun untuk bertukar gagasan untuk memajukan bangsa dan negara. 

Ikhwan Ahada juga menyampaikan dalam pertemuan tadi juga mendiskusikan masalah keindonesiaan yang berkemajuan secara santa itu saling bertukar gagasan dan tantangan masa depan kehidupan berbangsa dan bernegara seperti pemikiran berkemajuan yang dilandasi nilai dan pijakan  konstitusi yang kokoh agar tidak salah arah. Disertai sikap optimis dan spirit menolong yang otentik agar Indonesia bisa hadapi tantangan ke depan.




Share:

Ketua PCM Laweyan Kukuhkan 8 Ranting Muhammadiyah di Aula SMP Muhammadiyah 5 Solo



MPKSDISOLO.COM - Solo, 21 Januari 2024 - Aula SMP Muhammadiyah 5 Solo dipenuhi semangat keagamaan saat Ketua PCM Laweyan, mengukuhkan 8 Pimpinan Ranting  Muhammadiyah dalam sebuah acara istimewa Pengajian Hari Bermuhammadiyah Kecamatan Lawewan

Acara ini menjadi momen bersejarah bagi jamaah Muhammadiyah, dengan kehadiran pembicara utama, Ust. Pujiono dari Majelis Tabligh PWM Jawa Tengah. Beliau menyampaikan tausyiah yang mendalam, menginspirasi para hadirin untuk terus berkontribusi dalam pengembangan Dakwah melalui Organisasi Muhammadiyah. Ranting itu penting, bila Ranting bunting Cabang akan berkembang, daerah wilayah akan merekah ruah, pusat akan maju pesat ' Tutur Pujiono. Dan Masih menurut Pujiono adalah hal yang kliru kurang pas bila ada anggapan Pengurus Daerah itu lebih baik daripada Pengurus Cabang, dan Cabang itu lebih baik dari pengurus Ranting. Itu anggapan yang kurang pas. Yang Pas Semua Baik, cabang tanpa ranting tak akan ada artinya. Maka Ranting ini adalah elan penting dalam organisasi sebagai Ujung tombak dan ujung tombok organisasi. 

Ketua PCM Laweyan Bapak  Aji Syaikhurrohman dalam sambutannya, menyatakan kebanggaannya terhadap pertumbuhan Muhammadiyah di wilayah ini. "Dengan kukuhnya 8 ranting baru, kami yakin Muhammadiyah semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," ujarnya.

Pengukuhan ini dihadiri oleh para tokoh Muhammadiyah seperti Prof. Sabar Narimo, Ust. Dr.Ngatono, Ust. Rokhani Sekretaris PDM Solo,  civitas SMP Muh O5, SMK  Muhammadiyah 04 Solo, PAKYM serta masyarakat setempat. Kebersamaan dan semangat persaudaraan terasa kuat dalam setiap rangkaian acara, menciptakan suasana yang penuh kehangatan dan kebersamaan di tengah-tengah jamaah.


Sementara Bapak Ngatono di sela sela acara menuturkan bahwa kegiatan Pelantikan PRM dibarengkan Dengan Pengajian Hari Bermuhammadiyah yang pesertanya kurang lebih 500 san, dan kita semua berharap

Semoga keberadaan 8 ranting baru dilantik Muhammadiyah ini dapat menjadi penggerak kegiatan keagamaan yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat laweyan Solo. untuk melanjutkan perjalanan Muhammadiyah dalam memberikan kontribusi positif bagi kemajuan  bersama.

Sementara Diakhir acara Prof. Sabar Narimo UMS memberikan semangat dan motivasi bagi para pengurus Ranting dan Informasi berdirinya pondok Tahfiz yatim di Laweyan.




Share:

REPOSISI GERAKAN INTELEKTUAL MENUJU KEPEMIMPINAN KOLABORATIF

 


MPKSDISOLO.COM - Minat membaca buku di Indonesia dinilai masih sangat rendah. Data Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bahwa, indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya di angka 0,001 persen.

https://www.kompas.com/edu/read/2023

Bagaimana mahasiswa mengetahui tanpa membaca.

Seberapa banyak kita meluangkan waktu untuk membaca dan sudah berapa banyak buku yang dibaca ...?



Share:

Reposisi Gerakan Intelektual menuju Kepemimpinan Kolaboratif" di PC IMM Kota Salatiga

 


[PC IMM SALATIGA PROUDLY PRESENT] 

Stadium general

Pimpinan Cabang IMM Kota Salatiga

Periode 2023/2024

"Reposisi Gerakan Intelektual Ikatan Menuju Kepemimpinan Kolaboratif"

#Intelektual Kolaboratif❤️🖤💛

__________

Instagram : imm_salatiga

Youtube : Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Salatiga

Tiktok : immsalatiga

Website : www.immsalatiga.com

__________


#immsalatiga #intelektualkolaboratif

#immptkin #immuinsalatiga #immindonesia


📝Allah SWT berfirman:

"Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, Hendaklah mereka melaksanakan sholat, menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada lagi jual beli dan persahabatan."

(QS. Ibrahim 14: Ayat 31)



Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini