• Pengukuhan

    Pimpinan Daerah Muhammadiyah dalam melaksanakan keputusan Muktamar ke-48 perlu mengangkat Anggota Pimpinan Majelis/Lembaga/Biro untuk menyelenggarakan program, kegiatan, amal usaha, dan membantu bidang-bidang tertentu yang bersifat pelaksanaan kebijakan untuk mencapai tujuannya.

  • Serah Terima Pengurus MPK lama Kepada Pengurus MPK Baru

    Agenda : 1. Serah Terima Pengurus MPK lama Kepada Pengurus MPK Baru 2. Menyusun Progam Kerja.

  • Sesuai lampiran SK PDM No 016/KEP/III.O/D/2023

    tentang pengesahan susunan dan pengangkatan anggota majelis, supervisor Prof Dr H Sofyan Anif MSi, Konsultan H Ahmad Sukidi MPd, Ketua Suyanto MPdI, Wakil Ketua 1 Drs H Sukendar MPd, Wakil Ketua 2 Pramuseto Rahman SPd, Sekretaris Abdul Afif Amrullah SPsi, Wakil Sekretaris Fajar Tri Winarno SSos, Bendahara Joko Kendro Maryanto SE, Wakil Bendahara Muhammad Halim Maimun SE MM.

  • K.H. Ahmad Dahlan

    Mendirikan Muhammadiyah pada tanggal 18 Zulhijjah 1330 H, atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1912. Ahmad Dahlan bernama kecil Muhammad Darwisy lahir pada tahun 1868 di Kampung Kauman Yogyakarta dan meninggal dunia pada tanggal 25 Febuari 1923 dalam usia 55 tahun.

  • Pengembangan Kader

    Muhammadiyah (pada saat berdiri ditulis Moehammadijah) adalah nama gerakan Islam yang lahir di Kauman Yogyakarta tanggal 18 November 1912. Pada saat waktu berdirinya dan mengajukan pengesahan kepada pemerintah Hindia Belanda menggunakan tanggal dan tahun Miladiyah.

Selamat kepada Dr. Suyanto, S.Ag., M.Ag



 Selamat, Dr. Suyanto, S.Ag., M.Ag, Gelar doktor yang ustadz peroleh bukan hanya menjadi penghargaan atas kerja keras ustadz, tetapi juga sebagai bukti ketekunan dan konsistensi dalam mengejar mimpi. Semoga ilmu yang ustadz dapatkan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sukses selalu!

Sekali lagi kami ucapakan selamat, semoga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dalam membawa masyarakat menuju perubahan yang lebih baik. Aamiin.

Tim Pemberitaan MPKSDI SOLO

 

Share:

Catat! Tahun Depan Ustadz Adi Hidayat akan Prioritaskan Agenda Muhammadiyah

 


Catat! Tahun Depan Ustadz Adi Hidayat akan Prioritaskan Agenda Muhammadiyah


PABELAN – Masih dalam momentum Tabligh Akbar Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ustadz Dr., (HC)., H. Adi Hidayat, Lc., M.A. (UAH) memberikan kesempatan kepada peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk berdialog dan menampung aspirasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Bertempat di Ruang Meeting lt. 2 Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berbagai aspirasi diserap. 

Ustadz. Adi Hidayat mempersilahkan kepada setiap perwakilan daerah menyampaikan kondisi yang dialami pada masing-masing daerah.

"Dengan banyaknya harapan dan permintaan yang sudah banyak disampaikan, akan kita susun jadwalnya dan Insya Allah tahun depan akan saya prioritaskan untuk agenda saya ke Muhammadiyah," ungkap Ustadz Adi Hidayat, Minggu (24/9). 

Setelah ini, bagi yang ingin mengajukan aganda bisa memberikan ajuan agenda kepada asisten saya agar bisa diurutkan. Tapi intinya, akan prioritaskan agenda Muhammadiyah.

Informasi berikutnya, seputar beasiswa bagi kader-kader Muhammadiyah yang ingin melanjutkan pendidikan sehingga tidak perlu khawatir. Nanti, akan disiapkan informasi kualifikasi dan persyaratan dari setiap negara. Sehingga, calon pendaftar tidak perlu mempertanyakan persyaratan dan lain sebagainya.

"Saya akan koordinasikan kepada Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, sehingga bisa diteruskan informasinya sampai ranting," paparnya.

Poin ke tiga, yang disampaikan terkait implementasi dari dakwah yang menyangkut Majelis Tabligh harus secara global.

"Insya allah, akan segera berlangsung kerja sama ulama di dunia dan Muhammadiyah harus ikut andil, sehingga pergaulan pemikiran itu bukan hanya lokal, tetapi juga Internasional," tambahnya.

Menanggapi berbagai persoalan di tiap daerah yang berbeda-beda, Ustadz Adi Hidayat menekankan untuk memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengembangan pendidikan ulama. 

Disamping itu, lanjut dia, terkait kerjasama dan keulamaan, akan ada program pada level dunia. Kerjasama ini juga dapat diambil oleh UMS, dengan tujuan meriset Al Quran. 

"Nanti UMS dapat menyiapkan program khusus terkait pendidikan ulama, yang nantinya siap untuk dikirim ke luar negeri," tambahnya.

Menanggapi tawaran Ustadz Adi Hidayat, Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., mengungkapkan, tawaran Ustadz Adi Hidayat itu merupakan tawaran yang luar biasa. 

"Hal yang didiskusikan tadi menjadi perspektif luar biasa ke depan, sehingga hal ini merupakan tanggapan serius di Muhammadiyah terutama bagi kalangan kader," ungkap Rektor UMS itu.

Menurutnya, ulama di Indonesia harus meningkatkan kemampuan bahasa arab. Pelatihan yang ada di internal Pimpinan Pusat Muhammadiyah, atau yang ditawari oleh Ustadz Adi Hidayat, semua merupakan upaya  memperkuat Muhammadiyah. 

"Selama ini kita memang masih fokus pada struktural, hingga yang non struktural seperti cabang ranting ini kadang lupa. Namun ketika titik masjid dan pesantren ditingkatkan, Muhammadiyah tidak hanya 'jaya' secara kuantitas tetapi juga kualitas," ujar Sofyan.

UMS memiliki prodi Ilmu Quran Tafsir (IQT), yang nantinya akan ambil 20 mahasiswa untuk mengikuti program khusus di prodi itu, dan kita siapkan untuk lulus doktor. 

"Kalau kita melihat dari sisi bahasa arab, sebetulnya UMS sudah ada di Ma'had Abu Bakar dan pondok Sobron. Tetapi dalam kesempatan ini tadi, dari Ustadz Adi Hidayat ternyata ada penawaran menarik beasiswa S1 hingga S3, sehingga lulusan dapat disiapkan menjadi cendekiawan," pungkasnya.  (Fika/Humas)

Share:

Ustadz Adi Hidayat Sebut Edutorium UMS sebagai Wujud Transformasi Dakwah Muhammadiyah




 Ustadz Adi Hidayat Sebut Edutorium UMS sebagai Wujud Transformasi Dakwah Muhammadiyah

PABELAN - Ribuan jamaah Tabligh Akbar Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah padati Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sejak pagi, Sabtu, (24/9). 

Dalam kesempatan itu, Ustadz Dr. (HC). H. Adi Hidayat, Lc., M.A. (UAH) mengungkapkan kebanggan untuk tuan rumah Tabligh Akbar ini yaitu UMS.

"Mari kita banggakan, dengan rasa kebanggan dan kesenangan ini, untuk tuan rumah keluarga besar UMS, yang ingin saya wakilkan kepada Rektor UMS, Prof., Sofyan Anif, saya sejujurnya selalu bangga Ketika memasuki Gedung Edutorium ini. Bukan bangga dengan megah dan viralnya, tetapi saya bangga karena UMS telah berhasil mentransformasikan dakwah Muhammadiyah. Dimulai dari dakwah bil lisan, kemudian transformasi retorika bil qolam (tulisan) melalui Suara Muhammadiyah, dan UMS menjadikan Gedung Edutorium ini sebagai Dakwah Bil Bunyan (bangunan) di era milenial," paparnya Ustadz Adi Hidayat.

Sehingga ada terobosan baru, lanjutnya, 3 pilar baru dalam melakukan dakwah: Dakwah Bil Lisan, Dakwah Bil Qolam, kemudian Dakwah Bil Bunyan. Sehingga masuk ke ruangan ini bukan sekedar bangga dengan besar dan megahnya saja, tetapi kita patut bangga menjadi bagian dari keluarga besar Muhammadiyah dengan mentransformasikan dakwah Islam.

"Saya ke tiga kalinya masuk ke gedung ini, pertama di tahun 2022 untuk memberikan tausiyah pra-Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48. Ke dua saat Muktamar saya menjadi saksi sebagai penggembira, dan ini merupakan kali ketiga berada disini," ungkap UAH, panggilan a krab Ustadz Adi Hidayat.

Menurut, Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif., gedung ini juga menjadi saksi sejarah, perhelatan akbar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke- 48 lalu, di Solo setahun yang lalu. Pagi ini Bapak/Ibu dapat napak tilas yang belum sempat melihat gedung ini. Gedung ini sudah viral dan mendunia, seperti digunakan untuk ASEAN Para Games dan lain sebagainya, hal ini menjadi kebanggaan yang besar bagi Persyarikatan Muhammadiyah. 

"Atas nama Rektor UMS saya mengucapkan terima kasih memberikan balasan yang setimpal dan meridhoi upaya dalam berjuang membesarkan Muhammadiyah," ungkapnya.

Luar biasa antusias dari jamaah, lanjut Sofyan, sehingga ribuan peserta Tabligh Akbar memadati Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS ini baik di dalam gedung, maupun di luar gedung. Diperkirakan jumlahnya lebih dari 25 ribu jamaah.

"Saya merinding saat menyanyikan Sang Surya, bahkan Ustadz Syamsul sampai menangis. Semua yang berada di depan itu terharu, karena banyaknya jamaah yang datang dan gemanya betul-betul kita rasakan. Kalau saya ibaratkan, gemanya ini dapat didengar dari ujung barat hingga ujung timur," pungkas Rektor UMS itu. (Fika/Humas)


Share:

WISUDA ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA DIIKUTI 344 WISUDAWAN DARI SABANG SAMPAI MERAUKE




WISUDA ITS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA DIIKUTI 344 WISUDAWAN DARI SABANG SAMPAI MERAUKE

Surakarta, 23 September 2023

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta melaksanakan Sidang Senat Terbuka dalam Rangka WISUDA Sarjana, Sarjana Terapan dan Diploma ke 31 Tahun 2023. 

Pada hari ini, Sabtu, 23 September 2023, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan Upacara Wisuda Program Sarjana, Sarjana Terapan dan Diploma yang diikuti 344 wisudawan dari sabang sampai merauke dalam artian 34 Provinsi dari 7 prodi antara lain S1 Keperawatan Ners, S1 Informatika, S1 Gizi, D4 Keperawatan Anestesi, DIV Teknologi Rekayasa Elektro medis, D3 Kebidanan dan D3 Keperawatan. 

Disampaikan Weni Hastuti bahwa "pimpinan serta seluruh sivitas akademika ITS PKU Muhammadiyah Ska menyampaikan dengan penuh kebanggaan bahwa hal ini sebagai salah satu perwujudan tanggung jawab kami kepada Persyarikatan Muhammdiyah, bangsa dan negara Indonesia. Pada wisuda ke 31 ini, ITS PKU Muhammadiyah Ska mempersembahkan 344 wisudaawan/wisudawati yang berasal dari Fakultas Kesehatan, 323 wisudawan  S1 Keperawatan, S1 Gizi, D4 Keperawatan Anestesiologi Reguler, D3 keperawatan, D3 kebidanan. Selanjutnya dari Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Sarjana terapan Teknik Elektromedik Reguler dan  S1 Informatika".

"Seiring kemajuan ilmu pengetahuan yang cukup pesat, pembenahan untuk pengembangan tetap kita tingkatkan secara intensif yang  berkesinambungan, baik di bidang administrasi, kepegawaian, maupun pelayanan, serta peningkatan kerja sama dengan berbagai stakeholder tingkat lokal, nasional, dan internasional. Demikian juga dalam bidang akademik, pembenahan tetap ditingkatkan, termasuk pembenahan kurikulum OBE, sarana dan prasarana laboratorium, manajemen perkuliahan, evaluasi kinerja dan kemajuan dosen,  kerja sama dalam kegiatan catur dharma perguruan tinggi dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun mancanegara, serta pembinaan SDM, termasuk karier serta kepangkatan dosen melalui studi lanjut S-3, baik di dalam maupun di luar negeri" Kata Weni Hastuti. 

"Selama beberapa tahun terakhir, kita banyak bergulat dengan salah satu isu yang sangat relevan dengan tantangan dan peluang yang akan dihadapi oleh para wisudawan/wati. Hal itu terkait dengan apa yang disebut dengan era Revolusi Industri 4.0 (bahkan sudah memasuki era revolusi industri 5.0), dimana dikenal sebagai era kecerdasan buatan. Informasi dan pengetahuan tersedia dengan melimpah dan murah untuk hampir semua cabang ilmu pengetahuan dan persoalan kehidupan. Mulai hadirnya berbagai bentuk teknologi menakjubkan seperti robot cerdas, printer 3 dimensi, Global Positioning System (GPS), kecerdasan artifisial, Internet of Things (IoT), teknologi nano, serta rekayasa genetika, dan hadirnya machine learning. Machine Learning yang Growing: learning tidak hanya ada algoritma, tetapi memiliki mindset bahkan kecerdasan mesin yang memiliki kesadaran, artinya sudah memasuki lingkup emotional, social, dan spiritual intelligence" Lanjut Weni Hastuti.

 Di tengah arus perubahan yang cepat serta ketidakpastian yang tinggi tersebut, para wisudawan tidak punya banyak pilihan, kecuali menghadapinya dengan penuh semangat dan kepercayaan diri. Sikap terbaik yang dapat diambil para wisudawan adalah bersedia untuk terbuka terhadap perubahan dan siap untuk terus belajar. Untuk meningkatkan, memperdalam, dan memperluas ilmu pengetahuan Anda.

"Selama kuliah, Anda lebih banyak menggunakan otak kiri yang memiliki fungsi untuk kecerdasan manusia, menghafal, berpikir secara kritis, dan berlogika. Kemudian setelah lulus, Anda kembali ke masyarakat. Anda akan lebih banyak menggunakan otak kanan yang berhubungan langsung dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi, sehingga ketika terjun ke dunia kerja, Anda bisa lebih mandiri dan lebih kreatif" Ucap Weni Hastuti. .

 Dimanapun kalian berada, bertanggungjawab mengembangkan misi persyarikatan, mewujudkan masyarakat madani, tetap komitmen, istiqomah, jaga kejujuran dan tidak berbangga hati atau sombong. Menjalin persaudaraan terhadap sesama, baik itu tetangga dan masyarakat. Kuasailah dan milikilah keunggulan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. jika pintar syarat jadi sarjana, jika berduit syarat jadi sarjana maka seluruh orang pintar dan kaya sarjana semua, buktinya tidak. Maka sarjana itu karena berkah dari Allah maka bermimpilah dan berusahalah agar kalian sukses kedepan. 

Selanjutnya, marilah kita semua berdoa, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan pada kita semua: rasa kepedulian, kebersamaan yang tinggi, kekuatan dan kesabaran dalam upaya mencapai cita-cita luhur kita untuk memajukan ITS PKU menuju kampus yang unggul dan membawa kemaslahatan untuk bangsa dan dunia. 

Disampaikan KH. Anwar Sholeh selalu Ketua PDM surakarta "ITS PKU Muhammadiyah dalam 2 tahun ini mengalami perubahan dan kemajuan yang sangat pesat sekali baik di prestasi, sarana prasarana bahkan Mahasiswa baru di ITS PKU dari tahun ke tahun mengalami penambahan yang sangat signifikan. ini menunjukkan kepercayaan masyarakat kepada ITS PKU yang sangat luar biasa. Ini di tunjukkan dengan wisuda saat ini di ikuti 344 wisudawan yang terdiri dari 34 provinsi di Indonesia dari sabang sampai merauke.

 


Share:

Mudarasah Tarjih Divisi Muamalah Kerjasama Majelis Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiyah

 


Mudarasah Tarjih Divisi Muamalah Kerjasama Majelis Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiyah Jawa Tengah dan Prodi Magister Hukum Ekonomi Syariah UMS




Share:

Serah Terima Peserta Baitul Arqom dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

 


Serah terima peserta Baitul Arqom dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Jebres Surakarta

Share:

Semarak Baitul Arqam ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

 

Semarak Baitul Arqam ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Share:

197 Mahasiswa ITS PKU Mengikuti Baitul Arqom

 


197 Mahasiswa ITS PKU Mengikuti Baitul Arqom

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menyelanggarakan  Baitul Arqom Purna Studi yang diikuti 197 Mahasiswa semester akhir dari 7 prodidengan tema "Mewujudkan lulusan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai Kader Muhammadiyah Berkemajuan". Pelaksanaan Baitul Arqom akan di adakan mulai 14-17 September 2023.

Disampaikan oleh Suyanto selaku Ka. Biro Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) menyampaikan bahwa Pembinaan perkaderan di Muhammadiyah bisa dilakukan dengan beberapa cara, yang terpenting substansi pengkaderannya bisa berjalan. 

"Di ITS PKU Muhammadiyah Kota Surakarta mengadakan pengkaderan yang dikemas dengan dengan nama kegiatan Baitul Arqom Purna Studi" kata Suyanto. 

"Bentuk kegiatan pembekalan purna studi mengarah pada pembinaan pada mahasiswa yang sudah lulus yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman, kemuhammadiyahan dan keorganisasian" Kata Suyanto.

Dalam Sambutan Weni Hastuti, Ph.D selaku Rektor ITS PKU Muhamadiyah Surakarta bahwa Kegiatan Baitul Arqom Purna Studi diselenggarakan untuk dapat lebih memahami hakikat Muhammadiyah yaitu Islam, mempelajari Muhammadiyah berarti mempelajari Islam, sehingga  tidak terjadi kesalahpahaman.

 "ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) memandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqom Purna Studi bagi mahasiswa yang akan diwisuda sebagai bekal yang akan digunakan dalam dunia kerja sebagai tenaga kesehatan profesional dan sebagai kader Persyarikatan Muhammadiyah" Kata Weni Hastuti.

"Harapan kami mahasiswa memiliki kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir dalam memahami dan melaksanakan misi Muhammadiyah, memiliki pemahaman yang benar terhadap ideologi gerakan Muhammadiyah dan memiliki kemampuan mengiplementasikan nilai-nilai perjuangan Muhammadiyah setelah lulus dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta" lanjut Weni Hastuti. (Humas/teguh)

Share:

We Are Hiring Staf Keuangan!

 


We Are Hiring Staf Keuangan!

Share:

Pembekalan dan Baitul Arqam Purna Studi Pemberdayaan Muhammadiyah

 


Share:

Pemberitahuan Kegiatan Pembekalan dan Baitul Arqom Purna Tugas

 


Pemberitahuan Kegiatan Pembekalan dan Baitul Arqom Purna Tugas


Share:

Bambang Condro Terpilih Sebagai Ketua PCM Jebres

 


Surakarta- Selesai sudah gelaran Musyawarah Cabang PCM Jebres pada Ahad, 10 September 2023. Dalam kegiatan tersebut, Bambang Condro Haryadi, S.Pd terpilih sebagai Ketua PCM Jebres Periode Muktamar ke-48.

Acara yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kota Surakarta tersebut dihadiri oleh seluruh Pimpinan Ranting, unsur Organisasi Otonom serta tamu undangan. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Ketua PDM Kota Surakarta, Drs. H. Anwar Sholeh, M.Hum, serta Camat Jebres.

Dalam arahannya, Anwar Sholeh, menyampaikan bahwa acara Musyawarah Cabang kali ini sangat istimewa karena diselenggarakan di Gedung DPRD yang biasanya digunakan oleh Wakil Rakyat untuk bersidang.

Anwar melanjutkan bahwa untuk memilih pimpinan, setidaknya harus memperhatikan tiga hal, yakni komitmen, integritas dan kompetensi.

“Kriteria seorang pemimpin di Muhammadiyah setidaknya harus memenuhi tiga hal yakni komitmen terhadap Islam dan Muhammadiyah, integritas tinggi menyangkut akhlak yang jujur dan amanah serta kompetensi sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik” ungkap Anwar.

Pasca ditetapkan oleh tim formatur sebagai Ketua PCM Jebres, Bambang yang juga memperoleh suara terbanyak, menyampaikan bahwa banyak tantangan yang harus dihadapi ditengah kemajuan dan permasalahan yang berkembang.

“Muhammadiyah harus mampu menjadi solusi atas permasalahan keumatan. Hal ini tentunya tidak bisa kami lakukan sendiri. Untuk itu, kami mohon bantuan dari warga Muhammadiyah di Jebres untuk bisa membantu dengan segenap daya dan potensi yang ada” tutur pria yang juga Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 7 Surarakarta.

Sebagai tambahan, sebelum melaksanakan musyawarah cabang ini, PCM Jebres telah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk menyemarakan gelaran muscab. Beberapa kegiatan tersebut antara lain Pengajian Umum yang menghadirkan Ust Wijayanto pada 1 September serta jalan sehat yang diikuti oleh semua warga Muhammadiyah pada 3 September 2023.



Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini