Keutamaan Bulan Muharram.



Keutamaan Bulan Muharram.

Pengajian Ahad Pagi pada hari Ahad, 30 Juli 2023, bertempat di Islamic Center kompleks Masjid Ahmad Dahlan Plupuh, masjid yang megah dipinggir jalan raya dibangun secara swadaya warga Muhammadiyah Plupuh, dengan pembelian tanah satu hektar. 

Pengajian dihadiri 300 jamaah dari unsur pimpinan dan warga sekitar masjid Ahmad Daahlan. Dalam satu tahun Alloh SWT menetapkan 12 bulan, dan diantaranya ada empat bulan yang disucikan maksudnya Alloh melarang dalam bulan tersebut menzhalimi diri sendiri dan berbuat dosa. 

Diantara empat bulan tersebut adalah bulan Muharram dimana salah satu amalan yang menjadi sunnah Nabi SAW adalah memperbanyak puasa. Puasa memiliki dimensi ibadah yang penting salah satunya adalah pengendalian diri, agar manusia tidak meliarkan hawa nafusnya, keserakahannya, puasa untuk melindungi agar manusia tetap sepeti fitrahnya manusia, yaitu saling mengasihi antar sesama.

Bulan Muharram merupkaan bulan pertama dalam kalender Islam, mengandung makna bahwa hidup manusia itu dinamis terus bergulir. Maka menjadi sebuah keniscayaan adalah untuk menata, merencanakan masa depan yang lebih baik.

Sebagaimana diingatkan dalam Firman Alloh surat Al-Hasyr ayat 18. “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan”. 

Paling tidak kita menemukan tiga hal dalam ayat terrsebut : pertama konsep IMTAQ yaitu iman dan taqwa, iman sebagai kepercayaan atau keyakinan dalam hati dan diucaokan dengan lisan serta diwujudkan dalam bentuk amal. Taqwa sebagai pengendali dan media kontrol mana yang benar dan salah. Kedua, mengevaluasi diri dan ketiga adalah menyusun program prioritas.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini