UMKM Indonesia Naik Kelas

 



UMKM telah memiliki jumlah sektor bisnis yang cukup besar, pada 2022 mencapai 64 juta dan telah berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto hingga61% atau senilai Rp8.574 triliun. Dengan posisi UMKM saat ini sebagai penopang perekonomianI ndonesia, UMKM memiliki peran strategis dalam rangka peningkatan kesejahteraan,baik dari sisi terselenggaranya lapangan pekerjaan maupun aspek peningkatkan pendapatan masyarakat.


UMKM terbukti menjadi penggerak terbesar ekonomi Indonesia,dan menjadi penyelamat saat berbagai krisis ekonomi dan moneter melanda,seperti pada tahun1998, 2008 dan2020. Maka sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga dan menopang UMKM sebagai sendi perekonomian bangsa ini agar dapat naik kelas bahkan bisa menjadi bagian dari rantai pasok ekonomi global.

UMKM bisa dengan fleksibel menyesuaikan dan menjawab kondisi pasar yang terus berubah. Namun,perkembangan jumlah UMKM yang meningkat belum diimbangi dengan perkembangan kualitas UMKM yang masih menghadapi permasalahan klasik yaitu rendahnya produktivitas.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini