Diaspora dan Jaringan Kader

 


MPKSDISOLO - Diaspora atau yang akrab kita sebut internasionalisasi merupakan sebuah keniscayaan yang tak bisa dielakkan oleh seluruh bangsa di dunia. Perlahan, setiap bangsa akan berdiaspora. Terus bergerak maju menyesuaikan zaman adalah tuntutan yang tak bisa dilawan hanya dengan hayalan.

Internasionalisasi telah menjadi agenda strategis Muhammadiyah di abad kedua. Hal ini disampaikan langsung oleh Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam sebuah Webinar Internasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional (LHKI) PP Muhammadiyah dengan tema “Dinamika Diaspora Muhammadiyah dalam Gerakan Internasional”, pada Sabtu, 5 Desember 2020.

Haedar Nashir menyampaikan bahwa setiap bangsa pernah dan akan mengalami proses diaspora. Terjadi pergolakan pemikiran yang akhirnya menciptakan sebuah peradaban yang padu dan dinamis antara masa lalu, sekarang, dan masa depan. Di masa lalu, perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya lebih disebabkan oleh faktor-faktor darurat, seperti perang, terusir dari tanah kelahiran, dan lain sebagainya.

Ada juga proses diaspora yang berlangsung secara alamiah. Bangsa Arab merupakan salah satu bangsa yang memiliki kemampuan berdiaspora sejak abad ketujuh, hingga Islam menyebar ke seluruh dunia. inilah semangat berdiaspora yang telah ditunjukkan oleh Bangsa Arab setelah diutusnya Nabi Muhammad sebagai Rasul. Di masa lalu, Islam dan Arab memiliki jejak sejarah yang penting. Selain Bangsa Arab, India dan Tiongkok juga merupakan bangsa yang memiliki kemampuan untuk berdiaspora dengan sangat baik.

“Sangat penting bagi kita untuk memahami proses diaspora setiap bangsa, agar kita tidak terjerumus dan terkurung dalam satu tempat yang mengakibatkan kita tidak bisa berkembang. Dan akhirnya kita menjadi terpinggirkan dalam segala hal,” ungkapnya.

Di era modern, globalisasi dapat mempercepat individu, kelompok, dan bangsa untuk berdiaspora. Bangsa yang memiliki kemampuan berdiaspora yang tinggi, memiliki etos kerja, dan menguasai iptek, maka dia akan menguasai dunia.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini