Berbagi dan Pengenalan Lingkungan Jadi Agenda MPLS Sekolah Penggerak



SOLO –  Ragam kegiatan menarik digelar sekolah penggerak berkemajuan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa tengah dalam mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila. Kegiatan dalam rangka mengisi masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tersebut diikuti sebanyak  104 siswa kelas 1 ABCD sejak Kamis hingga Jumat (20-21/7/2023).

Kepala Sekolah Penggerak Hj Sri Sayekti MPd menyambut gembira pelaksanaan MPLS siswa kelas 1 tersebut. Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru, diperlukan adanya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. 

“Tujuan kegiatan MPLS, bagaimana membantu peserta didik beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui dimensi kreatif, mandiri dan gotong royong. Mengembangkan nilai spiritual dan potensi serta kreativitas peserta didik,” ungkapnya saat pembukaan, Kamis (20/7/2023).

MPLS merupakan hal  yang penting dilakukan untuk peserta didik yang baru saja memulai belajar dalam suatu satuan pendidikan, mengingat perlunya adaptasi peserta didik baru pada lingkungan, teman, guru dan lainnya, maka sangat dibutuhkan bimbingan dan arahan untuk mengenali lingkungan sekolah tersebut.

MPLS diawali dengan pengenalan guru pengampu mata pelajaran kelas 1, program - program sekolah , lingkungan sekolah, sarana prasarana, tata tertib dan profil pelajar Pancasila serta membuat karya seni dari kertas origami untuk mengembangkan krativitas siswa. 

Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

 Sayekti berpesan kepada siswa baru untuk memanfaatkan momentum berlomba-lomba dalam meraih prestasi baik akademik maupun non akademik di sekolah.

“Selamat datang di sekolah penggerak unggul dalam prestasi dilandasi akhlakul karimah bersih sehat hijau dan lestari. Sejak dini dalam MPLS tahun ini langsung diajarkan berbagi untuk sesama dan mendekatkan diri ke Masjid al Wustha Pura Mangkunegaran,” ungkapnya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Mengenai MPKSDI Solo

Email: mpksdimuhammadiyahsolo@gmail.com

YouTube MPSDI

Cari Blog Ini